Bedah Buku di Universitas Brawijaya Malang, Bupati Tabanan Promosikan Desa Wisata

Selasa, 01 Mei 2018 : 18.17
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat bedah buku Investasi Hati di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
MALANG- Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti melakukan bedah buku "Investasi Hati" di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA-UB) Malang, Senin (30/4/2018)

Bupati Eka saat bedah buku yang dikemas dalam acara "Diskusi Buku Investasi Hati Goes to Campus" tersebut mempromosikan keberadaan desa-desa wisata yang ada di Tabanan.

Selain itu, Bupati Eka memaparkan upaya-upaya pemerintahannya dalam memberdayakan seluruh desa, salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Permodalan di BUMDes itu, kita subsidi Rp. 200 juta per BUMDes dari APBD. Tapi Pemda itu memiliki saham 49 persen. Misalkan BUMDes  itu punya untung 1 miliar, Pemda punya hak 490 juta per satu BUMDes, tapi uang ini dikembalikan lagi ke BKK desa tersebut. Jadi mereka kompetisi. Kalau mau dapat BKK besar, membanguan desa, mari majukan BUMDes anda. Itu konsepnya, ” ungkapnya.

Terkait Desa Wisata, menurut Bupati Eka, keberadaan desa wisata merupakan salah satu bentuk program Investasi Hati dalam bentuk  sebuah konsep pelayanan kepada masyarakat dengan ketulusan melalui kebijakan-kebijakan yang pro rakyat.

“Roh dari Investasi Hati adalah  Pancasila, Tri Sakti dan Tri Hita Karana.  Investasi hati itu, ada investasi hati politik, investasi hati ekonomi dan sosial serta investasi hati agama dan budaya,”imbuhnya.

Dijelaskan Investasi Hati Politik  melalui kebijakan dan program pro rakyat (wong cilik). Investasi ekonomi dan sosial dengan melahirkan keadaan masyarakat yang sejahtera dan mandiri  serta sebagai pelaku dan  penikmat dari kesuksesan pembangunan itu sendiri .

Sedangkan investasi hati agama dan budaya dengan menciptakan kerukunan dan kedamaian dalam perbedaan karena kedamaian yang mewujudkan kemajuan.

Acara bedah buku dan diskusi dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I FIA-UB Malang, Yusri Abdillah dan dipandu moderator Mohammad Nuh Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FIA-UB Malang.

Dalam sambutannya Yusri Abdillah mengungkapkan tentang sosok Bupati Eka. Dikatakan Bupati Tabanan itu sebagai sosok yang terbuka dan mempunyai inovasi dalam pembangunan khususnya di pelayanan sektor publik dengan pelayanan sepenuh hati dan keiklasan.

“ Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti orangnya terbuka, punya inovasi untuk pembangunan Tabanan. Inti dalam pelayanannya di sektor publik menggunakan prinsip pelayanan dengan sepenuh hati,”ungkapnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi