Siswa Madrasah Aliyah Al Irsyad Tabanan Juara II Nasional LKI

Rabu, 25 April 2018 : 17.55
Usamah Izzuddin Al Qosam dan Ahmad Andi Al Ma'ruf dari MA Al Irsyad Tabanan (tengah) saat menerima trophy dan hadiah Juara II di Jakarta, Rabu (25/4/2018)
TABANAN - Kabupaten Tabanan, Bali kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini dua siswa Madrasah Aliyah (MA) Al Irsyad atas nama  Usamah Izzuddin Al Qosam dan Ahmad Andi Al Ma'ruf berhasil meraih juara II Nasional XI tahun 2018 dalam Lomba Karya Ilmiah (LKI) bidang Sumber Daya Air (SDA) yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Dalam lomba tersebut, makalah  Usamah dan Ahmad berjudul "Teknologi Pembuatan Air Minum Alkali" berdasarkan keputusan Tim Juri ditetapkan sebagai juara II, menyisihkan ratusan makalah yang dibuat siswa SMA/SMK/MA lainnya dari seluruh Indonesia.

Atas prestasinya tersebut, dua siswa MA AL Irsyad di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan,  Usamah Izzuddin Al Qosam dan Ahmad Andi Al Ma'ruf  ini berhak memboyong Trophy Menteri PUPR dan uang pembinaan sejumlah Rp 12,5 juta. 

"Syukur alhamdulilah, makalah yang kami tulis dan presentasikan di depan tim juri kemarin akhirnya terpilih sebagai juara II Nasional," ujar Ahmad Andi Al Ma'ruf penulis kedua makalah tersebut saat dikonfirmasi, Rabu (25/4/2018) sore seusai menerima hadiah.

Menurut Ahmad, dipilihnya penelitian teknologi pembuatan air alkali karena air yang bersifat alkali memiliki tingkat keasaman (pH) di atas 7 ternyata memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


"Penelitian kami lakukan selama sebulan menggunakan lima sampel air minum dalam kemasan berbagai merek. Alat yang kami rancang teruji bisa beroperasi dengan baik dan lancar menghasilkan air dengan kisaran pH 8 - 9," papar siswa MA Al Irsyad kelas 10 ini.

Menurut Ahmad, alat rancangannya ini bisa diterapkan untuk membuat air minum alkali di tingkat rumah tangga karena teknologinya sederhana dan biayanya murah.

Terkait prestasi yang diraih Usamah Izzuddin Al Qosam dan Ahmad Andi Al Ma'ruf dalam lomba Karya Ilmiah tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menyatakan rasa bangganya.

"Saya merasa bangga sekali dan memberikan apresiasi yang tinggi karena sebagai generasi muda mereka memiliki dedikasi, prestasi dan reputasi sehingga bisa mengharumkan nama Tabanan dan juga Bali di tingkat nasional," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (25/4/2018) sore. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi