Rekor Dunia Muri Perempuan Penyelam Terbanyak di Hari Kartini

Minggu, 22 April 2018 : 22.33
SITUBONDO- Pangkalan Utama TNI AL V menggelar event pengibaran bendera merah putih dari dalam laut ke permukaan yang dilakukan oleh 214 wanita penyelam di Pantai Pasir Putih,  Situbondo,  Jawa Timur,  Sabtu (21/4/2018).

Event ini juga tercatat sebagai penciptaan rekor Dunia Muri untuk kategori pembentangan dan pengibaran bendera dari dalam laut ke permukaan oleh perempuan terbanyak yang dicatat dalam Muri dengan registrasi nomor 8416/R.MURI/lV/2018 yang dianugerahkan kepada TNI AL,  Lantamal V dan Saka Bahari dengan total penyelam 214 (yang bermakna tanggal 21 bulan April,  sebagai tanggal perj gatan Hari Kartini).

Uupacara pengibaran bendera ini dipimpin inspektur upacara Ketua Cabang 6 Pengurus Gabungan Mabesal yang juga istri Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, Ny. Herniwati Edi Sucipto, mewakili  Ketua Umum Jalasenastri  Ny. Endah Ade Supandi.

Event merupakan kerjasama antara TNI AL dengan pemerintah daerah Kabupaten Situbondo, Kwarda Saka Bahari Jawa Timur, Persatuan Olahraga Selam Seruruh Indonesia (Possi) dan pihak lainnya yang melibatkan para wanita penyelam dari berbagai kalangan.

Mereka terdiri Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), istri prajurit TNI AL yang tergabung dalam Jalasenastri,  Pramuka Saka Bahari Saka Bahari dari Lanal Lanal jajaran Lantamal V wilayah Jawa Timur,  Possi Malang, Possi Gresik, Poltek KP Sidoarjo, serta Komunitas Selam dari Yogyakarta, Pasuruan, Papua, Situbondo dan lainnya.

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal yang juga Angota Majelis Pembina Pramuka Saka Bahari Nasional ini mengatakan, bahwa tujuan dari gelaran acara yang bersifat massal ini adalah untuk mewarisi semangat juang Kartini dalam membentuk karakter wanita Indonesia untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme serta menimbulkan kecintaan kepada NKRI yang berjiwa bahari.

"Saya bangga atas prestasi rekan rwkan penyelam semua,  penciptaan rekor ini adalah milik kartini Indonesia,  yang tangguh dan berani,  ssmoga ini akan menginspirasi generasi bangsa ini untuk mencintai NKRI sebagai bangsa maritim," terangnya.

Sebelum gelaran Dive Kartini 2018 ini dimulai,  panitia Dive Kartini dan pemerintah daerah kabupaten Situbondo telah menggelar beberapa acara dalam kaitannya acara promosi pariwisata dan UMKM.

Kegiatan itu diantaranya lomba masak ikan,  bazar dan pameran produk unggulan kabupaten Situbondo,  bersih-bersih pantai pasir putih,  lomba fashion kebaya kartini dan batik Situbondo, pagelaran musik tradisional nabbhu ronjengan, pentas musik L5 Band Lantanal V serta kirab fashion Situbondo.

Menurut rencana, kegiatan Dive Kartini dan kegiatan yg menyertainya ini akan dijadikan agenda tahunan oleh Pemda Situbondo untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Situbondo.

Selain para penyelam, acara Dive Kartini 2018 ini juga melibatkan ratusan  orang panitia, mulai dari para pelatih selam, Saka Bahari Jawa Timur, tim medis, koordinator pengamanan dan lain-lain.

Panitia juga menyiapkan beberapa peralatan medis guna mengantispasi hal-hal diluar perkiraan yang terjadi seperti tabung chamber, ambulan dan Helly untuk evakuasi.(des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi