Prananda Paloh: Bali Menjadi Simbol Toleransi dan Pluralisme di Indonesia

Senin, 09 April 2018 : 05.59
Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Paloh saat di Pura Sakenan Denpasar
DENPASAR- Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh menegaskan Bali menjadi simbol sikap toleransi dan pluralisme di Indonesia.

Hal itu disampaikannya usai mendapat wejangan tentang kehidupan saat berada di Pura Sakenan, Serangan Denpasar 

Didampingi Ketua DPW Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa dan pengurus DPW Partai NasDem Provinsi Bali dan pengurus DPW Garda NasDem Provinsi Bali, Prananda menyempatkan diri bersembahyang di Pura Sakenan, Serangan, Denpasar, Minggu (8/4/2018). I

Didampingi sejumlah pengurus DPW Partai NasDem Provinsi Bali dan pengurus DPW Garda NasDem Provinsi Bali.

Dia juga menyempatkan diri berdiskusi dalam suasana penuh kekeluargaan dengan pemangku Pura Sakenan di Wantilan Pura tersebut.

Putra Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ini mengaku mendapat wejangan spiritual dari Pemangku Pura Sakenan, termasuk nasihat dan masukan tentang berbagai persoalan kehidupan terutama di bidang politik.

Prananda mengatakan, dirinya sangat senang berkunjung ke tempat suci seperti Pura Sakenan, dan bisa mendengarkan nasehat tokoh agama Hindu di sana.

“Tentu saya merasa lebih tenang karena bagaimanpun tempat ini adalah tempat ibadah dan tempat suci. Jadi kedekatan secara emosional dan spiritual itu menyatu dengan alam semesta,” ujar Prananda.

Diriirnya mengaku tidak menjadi soal dirinya datang ke Pura.

“Pesan saya, agama boleh apa saja, tetapi saya rasa bagaimanapun agama itu mengajarkan hal yang positif dan baik. Jadi anda muslim misalnya ke Pura salah, atau orang Hindu ke Masjid, salah, itu tidak ada.  Itu pun juga sudah ditekankan oleh pemangku agama di sini,” ujarnya.

Bali adalah simbol toleransi dan pluralisme di Indonesia. Dengan itu, Bali lebih mudah mengayomi, menerima perbedaan, menjaga toleransi dan seterusnya.

“Saya rasa pesan-pesan seperti itu yang terus diperjuangkan di Indonesia kita ini. Dan pada akhirnya juga saya mengikuti ritual dengan keyakinan agama saya sendiri. Tapi tetap saya yakin pesan apa itu kedamaian dan keselamatan bagi seluruh umat manusia itu universal,” katanya.

Diketahui, sehari sebelumnya, Sabtu (7/4/2018), Prananda melantik pengurus DPW Garda NasDem Provinsi Bali dan DPD Garda NasDem kabupaten/Kota se-Bali. (*)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi