Petani Nikmati Jutaan Benih Ikan Gratis Bantuan Dinas Perikanan Badung

Minggu, 29 April 2018 : 16.16
ilustrasi
BADUNG - Dinas Perikanan Badung membagikan bantuan jutaan benih ikan tawar secara gratis kepada para petanu ikan guna meningkatkan produksi ikan air tawar untuk konsumsi masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung, Putu Oka Swandiana mengungkapkan, dengan pemberian benih ikan secara gratis kepada petani ikan diharapkan terjadi peningkatan produksi ikan air tawar.

"Pemerintah daerah menargetkan Tahun 2018 memberikan bantuan benih ikan air tawar secara gratis mencapai 1,5 juta ekor dan berlanjut Tahun 2019 akan memberikan bantuan benih ikan air tawar sebanyak dua juta ekor," tuturnya di Badung, Minggu (29/4/2018).

Berdasarkan data produksi perikanan darat mengalami kenaikan yang belum signifikan di Badung, tercatat 2016 jumlah produksi ikan air tawar mencapai 589,8 ton dan produksi ikan air tawar Tahun 2017 tercatat mencapai 612,62 ton.

Kata dia, sseluruh benih yang diberikan kepada petani ikan ini dihasilkan Balai Benih Ikan (BBI) milik Pemkab Badung yang diberikan secara gratis kepada petani ikan di daerah tersebut.

Pihaknya optimistis beroperasinya BBI Baha di daerah itu akan lebih banyak lagi jumlah bibit yang dihasilkan untuk disalurkan kepada petani ikan di daerah itu.

Program strategis dibuat yakni pembinaan kepada petani ikan agar mau meningkatkan usaha pertanian ikannya meskipun lahan yang dimilikinya tidak banyak (intensifikasi), perluasan lahan budidaya (ekstensidikasi).

Selain itu, program strategis penganekaragaman komoditas ikan (diversifikasi), perubahan budi daya perikanan dari tradisional/semi tradisional ke usaha yang lebih modern (moderenisasi) dan pengembangan komoditas unggul yang memiliki nilai ekonomis tinggi (inovasi).

Lima program ini, berpeluang menjadi pasar yang cerah dan luas untuk para petani ikan di daerah itu, mengingat masyarakat di Badung sudah mulai suka mengkonsumsi ikan.

Data Tahun 2017, pemerintah menargetkan konsumsi ikan perkapita di daerahnya sebesar 32,93 kg, namun target itu melampaui dimana data konsumsi ikan perkapita di Badung mencapai 32,95 kilogram/kapita/tahun.

Setelah melebihi target yang sangat tipis ini, kami berharap dengan upaya pemberian bibit ikan secara gratis ini dapat mengghasilkan ikan air tawar yang meningkat dan masyakat lebih banyak yang mengkonsumsi ikan hasil petani ikan di Badung, sehingga mencapai target konsumsi ikan perkapita nasional sebesar 43,94 kg/kapita/tahun. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi