Perjuangkan BPJS , Rai Mantra Justru Satu Jalur Program Kesehatan Jokowi

Minggu, 29 April 2018 : 00.47
DENPASAR- Progam yang diusung pasangan Mantra-Kerta yang diusung Koalisi Rakyat Bali, justru mendukung program pemerintah pusat di bidang kesehatan, yakni seluruh masyarakat Bali diperjuangkan agar menjadi peserta BPJS dan memegang kartu BPJS.

Hal itu terungkap saat debat perdana disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional ini. KPU Bali menyodorkan subtema ekonomi, pertanian, pariwisata dan lingkungan hidup.

Dalam debat kali ini, kedua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) serta Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), berbicara tentang program di bidang kesehatan, ketika berbicara mengenai indeks pembangunan manusia (IPM).

Antara Koster-Ace dan Mantra-Kerta, memiliki program yang berbeda jauh di bidang kesehatan, khususnya dikaitkan program kesehatan secara nasional yang digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Koster-Ace yang diusung PDI Perjuangan misalnya, menawarkan program yang justru terkesan tak "Satu Jalur" dengan program Jokowi.

Jokowi misalnya, menggalakkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan target seluruh masyarakat Indonesia menjadi peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan memegang kartu BPJS.

Ada juga program Kartu Indonesia Sehat (KIS), yakni memberikan jaminan kesehatan kepada warga miskin agar bisa mendapatkan pelayanan secara gratis.

Sementara Koster-Ace dalam programnya dalam konsep besar Nangun Sat Kerthi Loka Bali, tidak menyinggung program BPJS maupun KIS. Padahal, pasangan calon nomor urut 1 ini selalu mengklaim 'Satu Jalur' antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/ kota.

"Untuk kesehatan, kami punya program namanya Krama Bali Sehat (KBS), kartunya Kartu Bali Sehat (KBS)," jelas Koster, dalam debat ini.

Di sisi lain, Mantra-Kerta yang diusung Koalisi Rakyat Bali, justru mendukung program pemerintah pusat di bidang kesehatan, yakni seluruh masyarakat Bali diperjuangkan agar menjadi peserta BPJS dan memegang kartu BPJS.

"Untuk kesehatan, kita akan sukseskan program pemerintah pusat, bahwa seluruh masyarakat Indonesia tercover BPJS, tanpa terkecuali," tandas Rai Mantra. (*)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi