Mantap, Tabanan Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik di Bali

Kamis, 12 April 2018 : 22.59
Gubernur Bali I Made Mangku Pastika  memberikan penghargaan kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti,
TABANAN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan tahun ini berhasil menorehkan prestasi terbaik dalam penyusunan rencana kerja pemerintah, mengalahkan Kabupaten/kota lainnya di Provinsi Bali.
    
Atas prestasinya tersebut, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika secara langsung memberikan penghargaan kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Bali Tahun 2019, di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor  Gubernur Bali, Kamis (12/04/2018).

Terkait raihan penghargaan tersebut, Bupati Eka menyatakan rasa syukur dan terimakasihnya kepada semua pihak, khusunya tim pelaksana perencanaan yang digawangi Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang)

"Mudah-mudahan hal ini bisa berlanjut sampai ke tahap berikutnya, menjadi yang terbaik pula di tingkat nasional," katanya berharap.

Bupati Eka pada kesempatan tersebut juga memberikan apresiasinya kepada tim pelaksana perencanaan yang bisa membuat dan memfokuskan perencanaan kerja yang komprehensif meskipun dananya terbatas.

"Susah sekali bekerja dengan sumber PAD ( red: Pendapatan Asli Daerah) yang kecil dengan duit yang sedikit, tetapi perencanaannya banyak dan semua program harus jalan," katanya berterus-terang.

"Bagaimana permintaan itu bisa terakomodir semua, dengan azas keadilan, azas fungsi, dan manfaat yang tepat, sehingga merata dan semua kebagian. Duit yang sedikit itu susah, kalau punya duit banyak enak tinggal belanja aja, mau bikin apa-apa juga gampang”, tambahnya.

Meski PAD yang relatif kecil, Bupati Eka mengaku tetap bersyukur karena dengan kondisi yang serba terbatas itulah yang membuat Tabanan berhasil. Dengan PAD yang kecil membuat menjadi lebih dan berbeda sehingga membuat berhasil di dalam suatu hal. Dengan dana yang sedikit, membuat yang kita rencanakan menjadi sangat terstruktur dan sangat rapi agar semua berjalan.

“Coba bayangkan, Its Amazing. Dengan PAD yang kecil, dengan mayoritas masyarakat kita petani ternyata kita  bisa. Itu artinya kita berjuang sungguh-sungguh memanfaatkan apa yang ada, potensi yang ada dengan azas manfaat yang tepat, jadi hasilnya juga harus tepat”, jelasnya

Disebutkan, keberhasilan perencanaan tersebut karena  yang paling berperan adalah Rakyat, tegas Bupati Eka. Rakyat mau bergotong-royong, berbagi pemikiran, dan mau berbagi semuanya untuk membangun Tabanan.

"Karena rakyat ikut didalam pembangunan membuat semua menjadi gampang meski pun dikerjakan secara bertahap. Dan karena rakyatlah, Pemerintah bisa dengan sangat konsisten di dalam perencanaan tersebut," pungkasnya.(gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi