Gerindra Denpasar Berikan Peluang Sama Kader dan Masyarakat dalam Pencalegan

Selasa, 24 April 2018 : 22.09
Ketua DPC Partai Gerindra Denpasar Made Muliawan Arya dan jajaran pengurus menyampaikan pengumuman dimulainya pendaftaran resmi bakal calon legislatif Pemilu 2019
DENPASAR-  Baik kader dan non kader atau masyarakat lainnya memiliki kesempatan dan peluang sama untuk berproses dalam pencalegan di DPC Partai Gerindra Denpasar pada Pemilu 2019

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Denpasar Made Muliawan Arya menegaskan hal itu saat mengumumkan secara resmi pendaftaran bakal calon legislatif, Selasa (24/4/2018).

De Gadjah, sapaan Muliawan Arya, secara resmi partainya membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bakal caleg) untuk maju ke DPRD Kota Denpasar pada pemilihan legislatif (pileg) 2019.

Pada tahap pertama, pendaftaran bakal caleg akan dimasukkan ke dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) yang dibuka mulai 24 April sampai akhir Mei 2018.  Jika nantinya, selama tahap pertama jumlah pendaftar tidak memenuhi kuota seleksi akan dibuka kembali pada tahap kedua.

"Kami memberikan kesempatan sama untuk menjadi bakal Caleg Gerindra tidak hanya bagi kader dan pengurus partai, namun juga terbuka untuk umum," tandasnya didampingi pengurus DPC lainnya, Sekretaris I Ketut Budiarta, Bendahara I Kompyang Gede,  Ketua Okaka Agus Bayu Yudiadi, dan Wakil Ketua DPC I Wayan Narsa.

Sesuai instruksi DPP, kata De Gadjah, disediakan kuota bakal caleg sebesar 40 persen diperuntukkan bagi masyarakat umum atau non kader, sedangkan 60 persen lainnya untuk kader dan struktur pengurus partai.

“Jadi kami membuka ruang selebar-lebarnya bagi putra-putri terbaik kota Denpasar yang serius hendak ngayah membangun Denpasar. Mari bersama Gerindra bangun Denpasar ,” ajaknya.

Ia menegaskan, untuk kuota 40 persen dari masyarakat umum atau non kader yang akan menjadi bakal caleg hal itu menjadi bukti dan komitmen partainya untuk membangun partisipasi publik lebih luas lagi agar berani dan mau terjun ke dunia politik dan ikut membenahi  Kota Denpasar.

Harus diingat, partai besutan Prabowo Subiyanto ini bukanlah partai untuk kalangan elite namun terbuka bagi seluruh putra-putri terbaik bangsa.

“Banyak generasi muda punya semangat masuk sistem perpolitikan. Jadi kami mengakomodir. Hal ini bukan yang pertama kali. Sejak 2013 menjelang pileg 2014, Gerindra merupakan partai pertama yang memberi ruang bagi non kader untuk bisa menjadi caleg,” tutur Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini.

Di sisi lain, DPC Partai Gerindra Kota Denpasar menetapkan kuota DCS sebesar 120 persen dan akan dipangkas menjadi 100 persen saat pendaftaran ke KPU.

Pihaknya tidak memakai kuota 150 persen sebagaimana informasi KPU sebab hal itu akan membawa konsekuensi akan banyak yang kecewa jika tidak terpilih sebagai caleg.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris DPC Gerindra Kota Denpasar I Ketut Budiarta menambahkan meski partai lain sudah membuka pendaftaran bakal caleg, kemudian Gerindra Denpasar baru membuka pendaftaran hari ini, semata tidak ingin terburu-buru .

 “Kami bukan terlambat, tapi ingin semua proses ini berjalan matang," dalihnya.

Masyarakat yang memiliki kemampuan dan kemauan kuat untuk membangun Kota Denpasar lewat partai politik, pihaknya memberikan kesempatan seluas-luasnya. Apakah dari latarbelakang dosen, pengusaha, wartawan dan lainnya dipersilakan bergabung ke Gerindra.

Dikatakan, partainya tidak memberlakukan syarat  sulit untuk pendafaran bakal caleg DPRD Kota Denpasar.

Budiarta menyebutkan, masyarakat yang tertarik dan merasa mempunyai kemampuan menjadi wakil rakyat cukup hanya membawa CV (daftar riwayat hidup) dan fotokopi KTP. Berkas pendaftaran langsung dibawa ke Kantor Sekretariat DPD Gerindra Provinsi Bali  di Jalan Tantular, Gang Garuda No. 8, Renon, Denpasar. Masyarakat juga bisa menghubungi nomor 081238943999 (Budiarta), 081338310828 (Dwi Antara), 08123638610 (Rumiana) jika ingin mendapat informasi lebih lanjut. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi