Gandeng PLN, Dinas Pertanian dan Pangan Badung Hijaukan Desa Adat Sobongan

Minggu, 08 April 2018 : 00.00
BADUNG - Menggandeng PT PLN (Persero) Area Pengatur Distribusi Bali, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Baudng menggelar aksi penghijauan dengan menanam bibit pohon buah-buahan di kawasan Desa Adat Sobangan Kecamatan Mengwi.

Plt Kadis Pertanian dan Pangan, Badung, Putu Oka Swadiana mengungkapkan, kerjasama program penghijauan ini menjadi salah satu rangkaian awal kegiatan Festival Budaya Pertanian Badung ke-7 tahun 2018 yang akan digelar 19-22 Juli mendatang.

Pihaknya menyambut baik kerjasama dengan PT. PLN yang salah satunya upaya mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Badung.

sejumlah masyarakat anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Sari Nadi, Subak Abian Natar Sari Amerta, Desa Sobangan dilibatkan dalam kegiatan penanaman pohon yang juga merupakan bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT. PLN Persero Area Distribusi Bali.

"Kami berharap melalui aksi penghijauan ini akan dapat membantu masyarakat khususnya KWT di wilayah Sobagan dalam memenuhi kebutuhan buah upakara/upacara `yadnya`," kata Oka Swadiana.

Dalam kesempatan itu, Manajer Area Pengatur Distribusi Bali PT. PLN Persero, Anton Sugiarto berterima kasih kepada Pemkab Badung karena telah dilibatkan dalam program penghijauan tersebut.

Kata dia, aksi penghijauan ini juga sebagai wujud implementasi dari misi keempat PT. PLN, yaitu menjalankan usaha ketenagalistrikan berwawasan lingkungan.

"PLN mempunyai tanggung jawab untuk ikut menjaga, memelihara lingkungan dan ekosistem demi generasi sekarang dan yang akan datang," ujarnya.

Anton menjelaskan kegiatan ini sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung salah satu misi PLN yaitu menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

“Selain keselamatan kerja, faktor lingkungan juga turut menjadi perhatian kami dalam menjalankan usaha,”ujar Anton.

Kegiatan penanaman pohon di lingkungan masyarakat ini juga menjadi bagian dari Pra Event Festival Budaya Pertanian ke-7 yang akan dilaksanakan pada Juli 2018 mendatang.

Melalui program tersebut, PLN juga ikut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan sekaligus berpartisipasi pada kegiatan Festival Budaya Pertanian Kabupaten Badung.

Karenanya, selain penghijauan yang dilakukan di wilayah Sobangan pada hari yang sama, aksi penghijauan juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di semua daerah di Bali.

Untuk bibit pohon buah-buahan yang ditanam dalam kegiatan tersebut di antaranya adalah, belimbing madu, duku palembang, kelengkeng, silik jumbo, sawo, durian, manggis, jambu kristal, kelapa genjah dan sukun dengan jumlah sekitar 400 bibit.(rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi