Begini Kelebihan Konsep Smart City Unggulan Rai Mantra

Minggu, 29 April 2018 : 14.37
DENPASAR- Calon Gubernur Bali nomor urut dua Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra cukup piawai berbicara soal one smart integrated management yang juga merupakan bagian dan penjabaran lebih jauh dari konsep smart city atau kota cerdas yang telah diterapkan di Kota Denpasar.

Hal itulah yang diungkapkan saat debat publik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2018 di Nusa Dua, Sabtu (28/4/2018) malam.

Jika calon Gubernur Bali nomor urut satu I Wayan Koster menyampaikan soal Bali Smart Island untuk mempermudah jalannya pembangunan di Bali untuk mendukung one island dan one management, Rai Mantra justru memilih konsep Kota Cerdas.

Rekam jejak konsep Rai Mantra terlacak dalam konsep dan impelementasi Denpasar Smart City yang juga menjadi bagian dari Bali Smart Island.

Bagaimana kaitan one island management kaitannya dengan kewenangan dan tugas-tugas pemerintah daerah sesuai UU No. 23 Tahun 2014?

"Kalau kami mengusulkan one smart integrated management dimana memerlukan suatu big data untuk memastikan efektivitas, efisiensi dan juga kapasitas yang ada,” kata Rai Mantra.

Menjawab pertanyaan Rai Mantra, Koster mengatakan Bupati dan Walikota harus berpikir satu wilayah yang harus dikelola bersama-sama untuk menuntaskan kesejahteraan masyarakat Bali.

“Dalam kaitan itu kami akan menerapkan Bali Smart Island untuk mempermudah jalannya pembangunan di Bali untuk mendukung one island dan one management,” ujar Koster
!
Seperti diketahui, Kota Denpasar di bawah kepemimpinan Rai Mantra berhasil meraih predikat Golden Champion pada The 2nd Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) Smart city Tahun 2016 untuk  kategori kota besar. Di tahun 2018 ini, atas pemikiran visioner Rai Mantra, Denpasar Smart City juga meraih penghargaan peringkat pertama smart city kategori kota sedang.

Sejumlah bantuan teknologi seperti CCTV dan wifi pun berdatangan dari berbagai perusahaan telekomunikasi.

Kota Denpasar di bawah kepemimpinan Walikota Rai Mantra juga cukup berhasil menerapkan strategi branding dan pemasaran kota.  Kota Denpasar Kota Denpasar dengan branding “The Heart Of Bali” berhasil meraih penghargaan dalam ajang City Branding dan Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2014 sebagai Runner Up 2 .

Atas keberhasilan dalam city branding dan city marketing, Rai Mantra juga mampu  meraih penghargaan “Marketeers of the Year 2014” dari Indonesian Marketeers Festival (IMF) yang diselenggarakan MarkPlus, Inc.  Di tahun 2017, Rai Mantra kembali meraih dua penghargaan sekaligus dari Mark Plus, yakni kategori "Marketeers of The Year dan Best of The Best Marketeers of The Year 2017". 

Penghargaan ini juga tidak terlepas dari berbagai inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Denpasar  salah satunya dengan menerapkan smart city.

Pakar manajemen perubahan yang juga guru besar UI, Prof. Rhenald Kasali dalam bukunya “Disruption” juga menyebutkan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra cukup piawai menggerakkan roda birokrasi melalui smart city yang dicanangkan.

Implementasi smart city di Kota Denpasar bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perbaikan pelayanan publik pemerintah. (*)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi