Wujudkan Masyarakat Melek Teknologi Informasi, Pemkab Badung Siapkan Wifi Gratis

Selasa, 27 Maret 2018 : 23.20
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominnfo) Badung Wayan Weda Darmaji/foto:istimewa.
BADUNG-  Pemerintah Kabupaten Badung cukup serius dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan teknologi dan informasi lewat pemasangan Wifi gratis yang akan dipasang di sejumlah titik strategis dengan dukungan anggaran mencapai Rp26 Miliar

Nantinya, beberapa lokasi strategis di Kabupaten Badung dipasangi internet WiFi gratis.

"Tujuannya, selain mengajarkan masyarakat untuk melek teknologi dan informasi, program tersebut diupayakan dalam rangkaian menju Badung Smart City," beber Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi  (Diskominfo) Badung, Wayan Weda Darmaja kepada wartawan, Senin (26/3/2018).

Diskomimfo Badung sejauh ini telah memasang tender di Layanan Pengadaan Secara Electronic (LPSE) untuk pengadaan WiFi di seluruh Kabupaten Badung.

“Program pemasangan wifi gratis itu senilai Rp 26 milyar lebih dan berasal dari APBD Induk tahun 2018,” sebutnya.

Diungkapkan, untuk tender sebenarnya sudah dilakukan dan telah memasuki akhis masa teder yakni 26 Maret 2018. Sejumlah rekanan pun mengajuk beberapa profosal penawaran dan akan dipilih dalam waktu dekat ini.

Weda mengungkapkan, beberapa lokasi srataegis yang akan dipasangi internet WiFi secara gratis diantaranya, seperti sekolah, kantor desa, hingga Bale Banjar, dan sejumlah lokasi srarategis lainnya.
                                             
Pemasangan WiFi ini merupkan komitmen pemerintah dalam upaya menuju Badung Smart Cit. Jika proses penetapan lelang sudah dilakukan, maka akan dilanjutkan dengan proses pemasanga fasilitas pendukung.

Pada tahap pemasangan fasilitas ini diperkirakan akan menggunakan waktu yang agak lama. Meski demikian, Weda memastikan, layanan internet secara gratis itu sudah bisa dinikmati masayarakat tahun ini.

Jika semua terpasang nantinya akan , ada 982 titik sudah masuk dalam perencanaan pemasangan WiFi gratis dengan sekala priotitas fasilitas public.

Kecepatan untuk satu titik WiFi yang terpasang memiliki kecepatan 5-10 Mbps (Mega Byte Per Second). Adapun jangkauan kurang lebih 30 Meter.

“Mudah-mudahan program ini cepat berjalan. Skala prioritas adalah fasilitas public agar segera dipasangi internet gratis,: tegasnya. mantan Kabag Humas Setda Badung ini.

Ia juga menegaskan bakal memblokir situs kategori mengandung muatan pornografi. Dengan begitu, WiFi gratis ini hanya dimanfaatkan untuk mengakses hal-hal positif. Pihaknya akan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat agar internet tidak disalahgunakan,.

Wakil Komisi II DPRD Badung, I Nyoman Dirgayusa mendukung penuh program pemasangan WiFi gratis karena sangat  penting untuk mengajarkan masyarakat melek teknologi dan informasi.

“Kami mendukung upaya pemasangan internet ini sebab akan membuat masyarakat semakin paham akan informasi dan tehnologi,” demikian Dirgayusa.(rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi