Sosialisasi Pilkada Serentak, KPU Badung Dorong Partisipasi Pemilih Perempuan

Selasa, 27 Maret 2018 : 19.59
Sosialisasi Pilkada Serentak dengan sasaran pemilih perempuan digelar KPU Badung
BADUNG- Guna lebih mendorong partisipasi pemilih perempuan dalam Pilkada Serentak KPU Kabupaten Badung terus mengintensifkan kegiatan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali.

Terlebih semakin dekatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali pada 27 Juni 2018 sehingga KPU Kabupaten Badung semakin gencar melakukan sosialisasi.

Sosialisasi kali ini, menyasar segmen pemilih perempuan, bertempat di Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Badung, Selasa (27/3/2018). Sosialisasi dihadiri 90 perempuan dari perwakilan seluruh desa dan kelurahan se-Kabupaten Badung,

Anggota KPU Kabupaten Badung I Wayan Artana menyampaikan materi dengan tema Emansipasi dan Partisipasi Perempuan dalam Pilkada 2018.

"Materi ini penting sebagai salah satu upaya dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih, terutama pemilih perempuan," tegasnya.

Terkait tahapan dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018, Artana menyampaikan tentang pemutakhiran data pemilih.

Saat ini, tahapan tersebut telah memasuki proses perbaikan atas Daftar Pemilih Sementara (DPS), yang telah diumumkan di setiap desa dan kelurahan sejak 24 Maret 2018.

"Kami mengharapkan, masyarakat melakukan pengecekan apakah sudah terdaftar dalam DPS atau belum” harapnya.

Masyarakat yang belum terdaftar atau masuk dalam DPS, diharapkan segera mendaftarkan diri ke petugas di masing masing desa dengan membawa foto copy KK.

Artana menyampaikan pula syarat-syarat menjadi pemilih, cara menggunakan hak pilih dengan benar, hingga perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di TPS. Terkait KPPS, peserta sosialisasi menyampaikan antusiasme untuk turut terlibat dan mengabdikan diri.

Dalam sesi tanya jawab, peserta diantaranya menanyakan tentang syarat untuk bisa pindah memilih dan perlakuan bagi pemilih yang berusia tepat 17 tahun pada pelaksanaan pemilihan 27 Juni 2018.

Pada bagian lain, Artana menambahkan, pada Kamis 29 Maret nanti juga akan digelar sosialisasi simulasi dan pentas budaya khususnya bagi kaum disabilitas di SLB Jimbaran. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi