Raja dan Bupati Tabanan Laksanakan Upacara Tawur Kesanga

Sabtu, 17 Maret 2018 : 10.48
Raja dan Bupati Tabanan serta pejabat dan tokoh masyarakat saat bersembahyang Upacara Tawur Kesangan di Catus Pata Kota Tabanan
TABANAN - Dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940 tahun 2018, Raja Tabanan Ida Cokorda Anglurah Tabanan, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti melaksanakan persembahyangan Tawur Kesanga di Catus Pata Kota Tabanan, tepatnya disebelah timur Gedung Kesenian I Ketut Mario, Tabanan, Bali, Jum'at (16/3/2018).

Tampak hadir mendampingi Raja dan Bupati Tabanan, Wakil Bupati (Wabup) Tabanan Komang Gede Sanjaya, Sekda Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa serta sejumlah pimpinan OPD dan tokoh masyarakat Tabanan.

Upacara Tawur Kesanga (Tawur Agung Balik Sumpah) tersebut dipuput oleh empat orang Pinandita, masing-masing adalah Ida Pedanda Siwa Grya Taman Sari, Ida Pedanda Budha Grya Panti Balun, Ida Resi Bujangga Grya Tasik Ngis, Ida Pandita Empu Grya Pangkung Prabu.

Sementara ritual mepepada (penyucian hewan yang dimanfaatkan sebagai bahan tawur) dilaksanakan sehari sebelum tawur yakni, pada Kamis (15/3/2018). Hewan yang disembelih untuk sarana tawur caru balik sumpah, antara lain, kerbau, sapi, kambing, babi, anjing, itik dan ayam dalam segala warna.

Upacara tawur kesanga ini diawali dengan penyiapan upacara seperti pemasangan sanggar agung dan piranti lainya.

Upacara tawur agung ini digelar secara rutin sehari menjelang perayaan pergantian tahun baru caka.ini, dimaksudkan untuk nyomia bhuta kala, yakni mengembalikan buta kala ke alam dengan menyediakan persembahan berupa caru tawur agung.

Digelarnya upacara Pecaruan Tawur Agung ini diharapkan akan tercipta buwana agung dan buwana alit (mikrokosmos dan makrokosmos) yang seimbang dan harmonis. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi