Prosesi Penyucian Diri Sambut Kedatangan Surya Paloh di Bali

Kamis, 01 Maret 2018 : 20.44
Kader NasDem mengambil air dari sumber mata air di Bali
DENPASAR - Menyambut kedatangan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh yang akan menghadiri acara temu kader Partai NasDem se - Bali digelarlah prosesi penyucian diri dan alam semesta dengan pengambilan air suci di sejumlah mata air di seluruh pelosok Bali, Sabtu (3/3/2018).

DPW Partai NasDem Provinsi Bali telah menginstruksikan seluruh pengurus dari tingkat DPD hingga tingkat DPC, untuk mengambil air langsung dari sumber mata air di seluruh wilayah Bali.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, membenarkan jika di Bali banyak sumber mata air. "Tetapi mata air yang dipilih adalah mata air yang sudah dikenal, yang sering dipakai untuk berbagai kepentingan upacara," jelasnya, Kamis (1/3/2018).

Prosesi "mendak toya anyar" dari mata air di 716 desa di seluruh Bali ini, sudah dimulai sejak dua hari lalu. Setelah itu, air dicampur menjadi satu dan selanjutnya digunakan untuk melukat bumi sekaligus sebagai simbol kesejahteraan dan kemakmuran.

Nantinya, air yang didapat dari sumber mata air akan ditumpahkan pada saat acara yang berlangsung di Lapangan Bajra Sandhi, Renon, Denpasar. "Hakekat dari prosesi ini adalah membersihkan bumi dan segala isinya dari berbagai pengaruh negatif atau buruk," jelas Oka Gunastawa.

Sebelum kendi dipecahkan, air akan diberikan kepada Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh dan beberapa undangan yang dipilih. "Tujuannya sebagai pengingat bahwa tujuan pengabdian, baik di legiaslatif, eksekutif, termasuk aktivitas parpol, berorientasi pada kesejahteraan dan kemakmuran rakyat," tutup Gunastawa. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi