LPD Penggerak Roda Ekonomi dan Benteng Penjaga Kebudayaan Bali

Senin, 26 Maret 2018 : 11.29
Pasangan Mantra-Kerta ingin perkuat LPD di Bali
BADUNG- Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali nomor urut dua Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra - Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) berkomitmen memperkuat keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) sebagai penggerak roda perekonomian dan penjaga kebudayaan di Pulau Dewata.

Hal itu disampaikan Rai Mantra saar menggelar kampanye dialogis di Amphiteater Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kuta yang dihadiri ribuan warga, Minggu (25/3/2018).

Seorang warga Kuta Selatan menyampaikan kondisi sejumlah Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Badung yang gulung tikar akibat pengelolaan yang kurang profesional.

"Apa kira-kira langkah konkrit Mantra-Kerta untuk menyelesaikan masalah LPD di Badung?," Kata tokoh Kuta Selatan, I Wayan Diesel disela-sela kampanye.

Menanggapi hal ini, Rai Mantra mengatakan tidak seharusnya ada LPD yang sampai kolaps.

Kata dia, LPD adalah lembaga yang lekat dengan masyarakat Bali. Sebab LPD dibangun selain untuk menggerakan roda ekonomi, sekaligus sebagai benteng menjaga kebudayaan Bali. Dimana kebudayaan merupakan identitas sekaligus daya tarik Bali.

"Harus bangun lagi, cari pengurus yang berintegritas tinggi. LPD tujuannya melayani umat," kata Rai Mantra.

Walau LPD adalah organisasi tradisional, harus dikelola secara profesional. Langkah yang ditawarkan Mantra-Kerta adalah pengurus dan pengawas akan diberi pelatihan manajemen yang profesional.

Ke depan, LPD harus dikelola oleh sumber saya manusia yang memiliki kompetensi dan sertifikat khusus. Sertifikat ini nantinya bisa dikeluarkan oleh lembaga pemerintah seperti koperasi atau dengan menggandeng lembaga-lembaga yang akuntabel. 

Tidak hanya pengelola tapi pengawas juga perlu mendapat pelatihan kompetensi dan mengatongi sertifikat.

Dengan begitu, tata kelola LPD lebih profesional dan bertanggung jawab. "Paling tidak pengawas dan pengelola dapatkan pendidikan bagaimana cara mengelola LPD secara profesional," kata Rai Mantra.

LPD memang didirikan oleh Prof. Ida Bagus Mantra yang tidak lain adalah ayah dari Rai Mantra. Namun, menjaga LPD adalah tugas dari seluruh warga Bali. Sebab LPD lekat dengan identitas warga Bali.

LPD memiliki fungsi untuk melestarikan budaya secara berkelanjutan. Jadi tanggung jawab kita bersama menjaga integritas dan penguatan LPD karena menyangkut identitias budaya Bali," kata Rai Mantra. (*)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi