Koster Ingin Pelaku UMKM Lebih Banyak Bisa Pameran di PKB

Senin, 12 Maret 2018 : 00.50
Cagub Koster didampingi pasangan BAGIA di Klungkung
KLUNGKUNG - Calon Gubernur Bali Nomor Urut 1 I Wayan Koster berharap ke depan akan lebih banyak lagi pelaku UKMKM yang bisa memanfaatkan ajang Pesta Kesenian Bali untuk berpameran mengenalkan produk-produk mereka.

Hal itu ditegaskan Koster, menanggapi keluhan UMKM yang tidak bisa ikut pameran di PKB ajang kesenian terbesar tahunan yang digelar Pemprov Bali. Apabila terpilih sebagai gubernur Bali pada Pilgub Bali 2018, maka pihaknya akan menggratiskan sewa stand pameran di Pesta Kesenia Bali (PKB).

PKB merupakan festival seni budaya tahunan di Bali. Selama ini, yang memanfaatkan stand yang disiapkan penyelenggara, harus merogoh kocek untuk menyewa.

Komitmen ini disampaikan calon yang diusung PDIP, Hanura, PAN, PPP, PKB dan PKPI itu saat mesimakrama dengan warga di Banjar Jeroagung Klod, Desa Gelgel, Kabupaten Klungkung, Bali, Sabtu (10/3/2018).

Selama ini, para penyewa di kenakan ongkos sewa bervariasi, antara Rp 5-6 juta, tergantung pada lokasi stand pameran. Setiap tahun disediakan sekitar 600 stand pameran. Jika dihitung-hitung, hanya ada pemasukan sekitar Rp 2,5 miliar saja.

"Kalau saya perhitungkan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat, maka akan saya gratiskan nantinya," ujar alumnus ITB Bandung didampingi pasangan Tjokorda Bagus Oka- I Ketut Mandia (BAGIA)

Pasalnya, dia melihat selama ini masih banyak pelaku UMKM yang belum tertampung akibat terkendala sewa stand.

"Jadi yang menyewa tiap tahun iya itu-itu saja. Saya berharap agar yang lain juga punya kesempatan yang sama. Mungkin nanti kita atur lagi. Bisa secara bergilir dan ditambah jumlah standnya. Biar yang lain juga dapat kesempatan yang sama," ucap Cagub nomor urut 1.

Dengan begitu, lanjut Koster yang berpasangan dengan Cok Ace itu, akan makin lebih banyak lagi UMKM yang bisa ikut berpameran sehingga akan mempunyai peluang mempromosikan produk mereka.

"Jadi jangan dipersulit lagi, justru harus difasilitasi serta dimudahkan agar mereka bisa berkembang. Itu memang sudah menjadi tugas kita. Makanya kita akan permudah nantinya," tandas jago PDI Perjuangan di Pilkda Serentak 27 Juni 2018. (*)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi