Jalankan Sistem Pengadaan Secara Elektronik, Badung Sosialisasikan Aplikasi SPSE

Rabu, 07 Maret 2018 : 15.40
Sosialisasi Aplikasi SPSE di Badung/foto:antara
BADUNG - Pemerintah Kabupaten Badung memastikan kesiapan dalam melaksanakan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Dikatakan, melalui sosialisasi aplikasi terbaru SPSE versi 4.2 PPK dengan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Badung, Dewa Made Apramana menjelaskan kegiatan di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung itu digelar untuk menyamakan persepsi dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Admin yang sudah secara online terkait aplikasi terbaru Rencana Umum Pengadaan (RUP) Barang/Jasa.

Terkait hal itu, digelar sosialisasi untuk meningkatkan transparansi yang lebih transparan dari kecepatan pelelangan maupun kecepatan dalam pelaksanaan pengadaan. Lewat aplikasi ini, pihaknya berharap, pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dapat lebih cepat, lebih transparan, lebih akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Apramana menambahkan, sosialisasi tersebut telah dilaksanakan rutin setiap tahun. Hal tersebut dilakukan untuk dapat mengikuti kemajuan informasi dan teknologi yang berkembang begitu cepat.

"Ini dibuktikan dengan adanya versi SPSE yang pada awal terdapat versi 3.6, kemudian versi 4 dan sekarang versi 4.2," katanya, Senin (5/3/2018).

Terkait aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), menurut Dewa Made terdapat kaitan antara pemerintah di daerah dengan LKPP dan dengan adanya sistem yang terkoneksi secara daring/online dapat membuat proses lebih cepat dan transparan.

Dijelaskan, perkembangan ini berkaitan dengan pelelangan secara elektronik, lelang cepat dan e-katalog. Kalau tidak cepat menyesuaikan dengan perkembangan jaman maka pemerintah akan tertinggal, atau ditinggalkan.

Sosialisasi selama empat hari tersebut, diikuti sekitar 200 orang peserta yang terdiri dari para admin, PPK, PPTK, pejabat pengadaan, ULP dan Pokja. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi