Jaga Kondusivitas Kawasan Asia, Angkatan Darat Thailand Temui Pangdam Udayana

Rabu, 28 Maret 2018 : 07.47
Pangdam Udayana Mayjen Benny Susianto menerima kunjungan pejabat Angkatan Darat Thailand Mayjen Sawat Chanajittrasakui 
DENPASAR- Delegasi Angkatan Darat Thailand dipimpin Mayor Jenderal Sawat Chanajittrasakui menemui Pangdam IX/Udayana Mayjen Benny Susianto Selasa 27 Maret 2018

Kunjungan dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan dan kondusivitas keamanan di kawasan Asia pada khususnya, kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia dengan militer di negara kawasan Asia mempunyai nilai yang sangat strategis.

Turut mendampingi Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya dan para pejabat teras lainnya di depan Hall Makodam setelah menerima jajar kehormatan dari Regu Dinas Keamanan Makodam.

Dalam pertemuan, Pangdam menyampaikan tugas pokok Kodam IX/Udayana adalah untuk menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya wilayah darat Bali dan Nusa Tenggara yang diimplementasikan dengan melaksanakan tugas TNI Matra Darat bidang pertahanan melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)

Kodam IX/Udayana selaku Komando Utama Operasi, menyelenggarakan fungsi staf umum di bidang pembinaan dan pengendalian kekuatan operasi, latihan dan peningkatan mutu tempur serta kesiapan operasional satuan jajaran Kodam IX/Udayana.

Slaku Komando Utama Pembinaan, Kodam IX/Udayana melaksanakan fungsi pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar satuan yang diarahkan untuk mewujudkan postur yang handal dan mampu melaksanakan tugas pokok secara profesional.

Kedua fungsi tersebut dilaksanakan secara sinergis dan terpadu untuk menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Pangdam juga menyampaikan bahwa, Indonesia dan Thailand memiliki hubungan kerjasama diplomatik yang sangat baik, untuk keberlangsungan pembangunan ekonomi dan pertahanan masing-masing negara.

Dengan begitu, dibutuhkan situasi yang kondusif, salah satu peran strategisdalam mendukung kelancaran pembangunan pertahanan tersebut adalah keberadaan Tentara Nasional di masing-masing negara.

"Kunjungan seperti ini mempunyai arti yang sangat penting untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia dengan Tentara Nasional Thailand," ujar Pangdam Benny.

Pimpinan rombongan Delegasi Tailand juga memperkenalkan diri dan segenap rombongan yang mendampinginya serta mengucapkan terimakasih atas kesediaan Pangdam IX/Udayana beserta para Pejabat Teras Kodam IX/Udayana menerima kunjungannya.

Pihaknya telah banyak mendapatkan masukan tentang tugas pokok dan fungsi Kodam IX/Udayana yang mempunyai wilayah teritorial meliputi Bali dan Nusa Tenggara serta mengharap silaturahmi dan kerjasama seperti ini dapat berlanjut serta terus ditingkatkan. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi