Imigrasi Palu Mulai Operasionalkan Mobile Paspor Bagi Orang Sakit

Rabu, 07 Maret 2018 : 00.05
PALU - Kantor Imigrasi Kelas I Palu telah menyediakan solusi tepat dan cepat berupa alat khusus Mobile Paspor guna mempercepat pelayanan perekaman data bagi para pengurus paspor di daerah yang akses jalan terpenci, khususnya pengurusan dan pembuatan paspor bagi warga yang sakit.

Alat itu terdiri dari, perangkat komputer leptop, kamera dan berupa jaringan konektivitas yang langsung dapat di entri ke kantor imigrasi. Jadi mobile sistem atau mobile paspor merupakan perangkat alat yang terdiri dari leptop, kamera.

"Masyarakat bisa di rekam langsung ditempat. Kemudian di foto. Selanjutnya datanya dikirim ke kantor imigrasi," jelas Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Palu Martson Hasudungan Sihaloho, Selasa (6/3/2018).

Adapun spesifikasi dan cara kerja alat ini kata Martson, belum diketahui jelas. Akan tetapi, kemampuannya tergantung penyimpaan data. Alat ini memiliki kemampuan menyimpan data 1x24 jam, jadi harus cepat di sambungkan dikantor imigrasi.

Kemudian, jika alat ini mampu menyimpan 2 sampai 3 hari, kemungkinan seluruh wilayah sulteng bisa terlayani.

Dampak positif dapat melayani orang sakit, dan penggunaan alat mobile paspor, atau mobil unit paspor, ternyata juga dapat di bawah langsung kelokasi. Misalnya, tujuan dikabupaten Buol, jamaahnya dapat direkam disana langsung atau jemput bola.

Yang perlu diketahui pelayanan terhadap pemohon paspor yang sedang sakit, harus melengkapi persyaratan surat keterangan sakit.

"Dikeluarkan pihak rumah sakit, dimana yang bersangkutan dirawat. Itu persyaratan tambahan yang kami butuhkan. Dimana biasanya kami hanya meminta persyaratan seperti KTP, KK dan Akte Kelahiran," imbuhnya. (nur)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi