Bunda Putri: Saatnya Membumikan Karya Seniman AA Panji Tisna di Bali

Jumat, 02 Maret 2018 : 20.10
Ni Putu Suastini Putri saat mengunjungi museum seniman asal Buleleng AA Panji Tisna
BULELENG - Istri calon Gubernur Bali I Wayan Koster, Ni Putu Putri Suastini mengajak masyarakat untuk kembali meneladani mengenang jejak seniman besar asal Kabupaten Buleleng Anak Agung Panji Tisna dengan membumikan karya-karyanya.

Hal itu, disampaikan perempuan yang disapa Bunda Putri, saat bertemu Agung Brawida yang merupakan cucu almarhum Panji Tisna di Buleleng, Jumat (2/2/2018). Menurutnya, saatnya sekarang dengan pendekatan sentuhan budaya untuk mengenang kembali jejak langkah nafas Panji Tisna sang satrawan Angkatan Pujangga Baru.

Panji Tisna dikenal dari Kerajaan Buleleng juga sebagai tokoh Pendidikan dan Bapak Pariwisata Bali di little museum A. A Panji Tisna Lovina, singaraja. Bunda Putri bersama tim pemenangan Koster-Ace diterima Brawida yang juga adik kandung Agung Ugrasena dari Puri Agung Buleleng.

Kepada pihak keluarga seniman besar itu, Bunda putri menyampaikan bahwa sosok Panji Tisna sebagai sosok sastrawan bukan hanya milik masyarakat Bali namun juga milik bangsa Indonesia.

"Beliau dikenang bukan hanya oleh keluarga tetapi menjadi tanggung jawab bersama anak bangsa," ucapnya didampingi sahabatnya, DAP Sri Wigunawati. Pada kesempatan inilah, Bunda Putri berharap pemerintah agar senantiasa hadir dalam melestarikan dan membumikan karya sastra Panji Tisna.

Turut dalam rombongan, Kariyasa Adnyana anggota DPRD Provinsi Bali menambahkan, Buleleng mempunyai aset tokoh nasional dan keturunan Raja Buleleng.

"Kami yakin, ketika satu jalur ini bisa dilaksanakan, akan memudahkan membangkitkan pariwisata Lovina karena lovina sudah mempunyai ikon Panji Tisna sebagai angkatan pujangga baru," tandas Kariasa.

Apalagi, "the little museum" sudah berbentuk Yayasan sehingga menurut Kariasa akan sangat membantu memperjuangkan anggaran di tahun perubahan 2018 dan paling lambat th 2019.

"Sesuai dgn visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, akan mengembalikan taksu Bali, maka Koster Ace akan mengembalikan taksu Lovina sebagai tempat mencari keheningan sepertt yang dirintis Anak Agung Panji Tisna," imbuhnya. (tim)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi