Rapor Akuntabilitas Kinerja Pemda Segera Dibagikan Menteri Asman

Selasa, 13 Februari 2018 : 08.41
Menteri PAN RB Asman Abnur saat penyerahan rapor SAKIP di Nusa Dua Bali
JAKARTA – Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2017 kembali akan diserahkan pemerintah kepada pemerintah daerah di wilayah III.

Penyerahan ‘Rapor’ akuntabiliats kinerja pemda akan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur di Yogyakarta, Selasa (13/2).

Kegiatan ini merupakan putaran ketiga, menyusul kegiatan serupa untuk wilayah I di Batam, dan wilayah II di Nusa Dua, Bali.

Selain penyerahan hasil evaluasi SAKIP, Kedeputian Refromasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) Kementerian PANRB juga akan memberikan coaching clinic, Rabu (14/2/2018).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan, akan dilakukan sharing session dari Gubernur Provinsi D.I Yogyakarta, Bupati Banggai, dan Walikota Manado.

Hasil evaluasi SAKIP putaran ketiga ini 163 pemerintah kabupaten/kota dan 12 pemerintah provinsi. Pemerintah provinsi dimaksud meliputi DIY, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, serta Papua Barat.

Herman menambahkan, evaluasi SAKIP bukan dalam rangka mengkompetisikan instansi pemerintah, namun memetakan tingkat implementasi atas manajemen kinerja masing-masing instansi pemerintah.

Karena itu, Kementerian PANRB juga memebrikan memberikan rekomendasi mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki oleh setiap pemda sesuai dengan kondisi masing-masing.

Berdasarkan amanat Peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP, Kementerian PANRB pada tahun 2017 telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap kabpuaten/kota yang sudah mengimplementasikan SAKIP. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi