KPU Verifikasi Faktual 16 Parpol di Buleleng

Jumat, 02 Februari 2018 : 07.22
Ketua KPU Buleleng Gede Suardana saat bertemu jajaran DPC Partai Demokrat Buleleng
SINGARAJA- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buleleng melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan 16 partai politik (parpol) yang telah mendaftar ke KPU Buleleng, sejak Selasa (30/1) hingga Kamis (1/2/2018).

Sebelumnya, KPU Buleleng telah melakukan verifikasi terhadap parpol, Perindo, PSI, partai Gerindra, partai Garuda, PKS, PAN, partai Berkarya, PPP, PKB, PBB. Kini, pada Kamis (1/2) KPU Buleleng memverifikasi 6 parpol. Diantaranya, PDIP, partai NasDem, partai Demokrat, partai Hanura, PKPI, partai Golkar di masing-masing kantor parpol.

Ketua KPU Buleleng, Gede Suardana mengatakan, verifikasi dilakukan untuk mengecek struktur kepengurusan partai, baik itu Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.

Selama proses verifikasi, kata Suardana, KPU Buleleng tidak menemukan kendala. Artinya, semua parpol yang diverifikasi telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Jumlah keanggotaan dari masing-masing parpol justru berbeda-beda. Perbedaan jumlah keanggotaan itu, berdasarkan data Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) KPU Pusat yang merujuk data masing-masing parpol di pusat.

Pihaknya melihat keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dari keanggotaan termasuk pengurus dan anggota. Setiap parpol beda-beda jumlah anggota yang diverifikasi,

Semua ttergantung Sipol yang dikali 5 persen. Misalnya, PDIP ada 56, Demokrat ada 41. Jadi, syarat minimal dikatakan memenuhi syarat, anggota dihadirkan 41 orang minimum.

Hasil data verifikasi parpol ini semuanya akan dikumpulkan oleh KPU Buleleng untuk kembali diverifikasi di internal KPU Buleleng. Rencananya, penyerahan hasil verifikasi kepada masing-masing parpol dilakukan Jumat(2/2/2018)/

Verifikasi ini dilakukan, sebagai syarat parpol mengikuti pesta demokrasi tahun 2019 di pemilihan legislatif (Pileg). Keenam belas parpol yang diverifikasi, sangat optimis memenuhi syarat sesuai peraturan yang ada. Sehingga, dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU Buleleng.

Beberapa parpol lama yang mempunyai kursi di DPRD Buleleng seperti PDIP, Golkar, Demokrat, NasDem, Hanura, Gerindra, sama-sama menargetkan menambah kursi di dewan Buleleng.

Ketua DPC Demokrat Buleleng, Luh Gede Herryani, optimis untuk keterwakilan perempuan 30 persen minimal dan anggota kepengurusan partai semua hadir dan memenuhi syarat. (gde)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi