Antisipasi Penyelundupan, TNI dan Polri Patroli Gabungan di Perbatasan RI- RTDR

Minggu, 04 Februari 2018 : 13.24
KUPANG - Bersama aparat kkepolisian Satgas Pamtas RI RDTL sektor timur YONIF 743/PSY dibawah pimpinan Mayor Inf I Putu Tangkas Wiratawan menggelar Patroli Gabungan di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste.

Patroli Gabungan dipimpin Dansatgas Pamtas RI - RDTL Mayor dilaksanakan di wilayah sektor Kanan Pos Salore di Desa Tulakadi.

Kegiatan dihadiri personil Satgas Pamtas RI - RDTL Kompi Tempur 1 Pos Salore dipimpin Lettu Inf Harsono, Personil Koramil 1605-07/Wedomu dipimpin Danramil Kapten Inf Alex Bessie, Personil Polres Belu yang diwakili oleh Kapolsek Tasifeto Timur Iptu Arifin dan Instansi Pemerintahan yang dipimpin Kepala Desa Tulakadi Bapak Christian.

Selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai satuan penugasan di wilayah perbatasan dalam menjaga keutuhan serta kedaulatan NKRI. Satgas Pamtas Yonif 743/PSY juga melaksanakan Sinergitas dengan aparat dan instansi pemerintahan setempat di wilayah perbatasan.

Sesuai motto Satgas Pamtas Yonif 743/PSY "Siap Kerja Bersama karena kita bersaudara" yang menjadi acuan yang baik untuk melaksanakan tugas dan menjalin kerjasama yang baik di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste.

"Kegiatan patroli di wilayah perbatasan merupakan kegiatan Rutin Yang Dilaksanakan di Seluruh Pos Satgas Pamtas dan juga melibatkan Kodim 1605/Belu sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Polres Belu dan Juga Aparat Pemerintah Desa," kata Dansatgas Mayor Tangkas.

"Patroli ini waktunya tidak menuntu, tidak tergantung cuaca dan tidak perlu menunggu perintah. Sehingga patroli wilayah perbatasan bisa dilaksanakan Kapanpun," imbuhnya.

Pihak kepolisian antusias, siap mendukung dalam kegiatan patroli gabungan di wilayah perbatasan. Hal ini dapat dilihat dari kerjasama yang baik dan semangat dari aggota Polres Belu khususnya Polsek Tasifeto Timur saat melaksanakan patroli di wilayah perbatasan.

Kegiatan Satgas Pamtas Yonif 743/PSY selain Melaksanakan Patroli keamanan, Kegiatan ini sekaligus mencegah kegiatan-kegiatan ilegal di wilayah perbatasan seperti pelintas batas dan penyelundupan.

Kapolsek Tasifeto Timur Iptu Arifin menyampaikan, "Kami menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif 743/PSY dan kami selalu siap untuk mendukung kegiatan tersebut".

Dari Pihak Instansi Pemerintahan yang dipimpin oleh Kepala Desa Tulakadi Bapak Christian menyatakan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Satgas Pamtas Yonif 743/PSY dan Pihak Kepolisian atas terselenggaranya kegiatan patroli gabungan di wilayah perbatasan.

"Saya mewakili masyarakat diperbatasan khususnya Desa Tulakadi mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari TNI dan POLRI dalam kegiatan patroli gabungan di wilayah perbatasan," kata Kepala Desa Tulakadi Bapak Christian.

Dikatakan, "kegiatan tersebut juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga kami di wilayah perbatasan. Semoga kedepannya kegiatan ini akan terus diadakan dan terkoordinir dengan baik," tambahnya.

Satgas Pamtas Yonif 743/PSY bersama dengan Instansi pemerintahan dan aparat setempat selalu menjaga hubungan baik dan selalu berkoordinasi untuk mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan di wilayah perbatasan.

Dikatakan, hal ini merupakan peranan yang sangat penting bagi masyarakat di perbatasan karena salain menjaga keamanan wilayah perbatasan sekaligus meningkatkan Sinergitas TNI - POLRI dan masyarakat di wilayah perbatasan. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi