Wujudkan Perusahaan Pers Profesional, AMSI Bali Segera Dideklarasikan

Sabtu, 13 Januari 2018 : 17.46
Pertemuan para pemimpin redaksi, pengelola media siber di Bali
DENPASAR - Dalam upaya membangun perusahaan pers yang profesional dan produk pers yang berkualitas bersandar kepada UU Pers No 40 Tahun 1999 sejumlah media berplatform online segera mendeklarasikan Asosiai Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Bali.

Sejak deklarasi AMSI di tingkat pusat yang secara resmi menjadi konstituen Dewan Pers, langsung mendapat sambutan positif kalangan pengelola perusahaan media online di Bali.

Karenanya, para owner, pemimpin redaksi atau pengelola media siber bertemu dalam menyamakan persepsi tentang organisasi AMSI. Pertemuan berlangsung hangat dan akrab sekaligus ajang silaturahmi yang digelar di Wake Resto, Pantai Keramas, Gianyar, Sabtu (13/1/2018).

Dalam kesempatan itu Pemimpin Redaksi Beritabali.com (bbcom) Putu Putra Setiawan menekankan pentingnya perusahaan pers yang berkualitas dari sisi konten atau produk jurnalistiknya serta profesional memiliki legalitas secara hukum.

"Jangan sampai dibikin asal-asalan, eksistensi dan kualitas produk pers mesti dijaga dengan baik," katanya mengingatkan.

Untuk itu, diharapkan kehadiran AMSI di Bali, bisa menaungi, menjadi wadah bagi perusahaan pers yang lebih profesional, menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik serta memihak kepentingan publik.

Pemimpin Redaksi Inibali.com Komang Widagda lebih melihat untuk keberlangsungan media siber selain konten yang berkualitas juga tidak melupakan aspek bisnis.

Pasalnya, Widagda mencermati masih banyak media online, yang belum bisa menjaga konsistensinya sebagai portal berita yang senantiasa update informasi.

"Banyak kanal-kanal yang dimiliki media, namun tidak konsisten untuk updatenya, saya melihat banyak yang belum siap karena faktor SDM," ucapnya.

Untuk itu, dia mengusulkan, pentingnya membangun semacam kantor berita, di mana setiap media online bisa mengisi atau menyuplai berita dan nantinya bisa dikelola dengan baik untuk dijual kepada user atau pelanggan seperti media atau pengambil kebijakan.

Langkah itu, dinilai bisa membantu mengatasi problem media yang minim SDM dan jauh lebih efisien.

Dalam pandangan Pemimpin Redaksi Harian Tribunbali dan Bali.Tribunnews.com Sunarko, untuk mengatasi problem konten bagi media yang memiliki keterbatasan jaringan atau SDM, maka AMSI bisa mengambil inisiatif mengelola keberadaan kantor berita yang nantinya bisa menjadi alternatif pendapatan bagi organisasi dan perusahaan pers.

"Saya kira, tidak hanya melulu kepada konten saja, tetapi harus memperhatikan aspek bisnis untuk keberlangsungan media, jadi perlu kolaborasi namun dengan mengedepankan win win solution," ucapnya.

Hal tak jauh beda disampaikan Pemimpin Redaksi Suarabali.com Budi Tanjung, yang mengapresiasi semangat para pengelola media online yang akan berhimpun dalam wadah AMSI. Hanya, diingatkan, agar spirit untuk melakukan yang terbaik dan memberi kemanfaatan itu tetap dijaga dengan baik.

"Kita di sini berkumpul dengan satu komitmen yang kuat, untuk bersama-sama membangun Bali, membangun media yang profesional dan meningkatkan kesejahteraan," tandas Budi.

Kelahiran organisasi itu, diharapkan bisa mencitrakan hal yang positif sebagai organisasi tempat berhimpunnya perusahaan media yang memiliki spirit tidak hanya berorientasi kapada bisnis lebih penting dari itu, memiliki tanggungjawab dalam pencerdasan masyarakat dan menggelorakan semangat optismisme masyarakat.

Dia mencontohkan, bagaimana berita-berita yang diangkat oleh media itu memberikan inspirasi dan membangun untuk kemajuan di Bali. "Sudah saatnya, pola pemberitaan yang inspiratif dan membangun, inspiratif bukan bombastis," kata mantan jurnalis Surabaya Post ini.

Dari berbagai pemikiran dan pandangan para pengelola media online tersebut, memiliki kesamaan pandangan bagaimana lewat AMSI ini nantinya, bisa mendorong lahirnya perusahaan pers yang sehat yang dikelola secara profesional, untuk meningkatkan kepercayaan publik sehingga pada gilirannya bisa meningkatkan kesejahteraan.

Hadir pula dalam pertemuan silaturahmi awal itu owner Suarabali.com Ketut Purnama, Pemimpin Redaksi Kabarnusa.com Rohmat, Koordinator Liputan Podiumnews.com Heri Subagyo, Pemimpin Redaksi Koranbuleleng.com Putu Nova Putra, Pemimpin Redaksi Liputanbali.com Muhammad Nasri, Khadafi perwakilan Timesbali.com.

Disepakati pula, dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan untuk mempersiapkan deklarasi AMSI Wilayah Bali dilanjutkan Konferensi Wilayah untuk menyusun kepengurusan. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi