Stabilkan Harga Beras, Bupati Jembrana Dorong Bulog Operasi Pasar

Sabtu, 27 Januari 2018 : 01.55
JEMBRANA - Buruknya cuaca belakangan ini menyebabkan produksi beras di Kabupaten Jembrana menurun sehingga petani tidak bisa melakukan panen tepat waktu yang berimbas kepada naiknya harga beras di sejumlah pasar tradisional.

Guna mencegah makin melonjaknya harga beras terutama jelang hari raya Imlek dan Nyepi, Bupati Jembrana mengunjungi Bulog (Badan Urusan Logistik) Gudang Jembrana di Penyaringan dan mendorong agar pihak Bulog Jembrana sesegera mungkin melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga beras.

Berdasarkan sejumlah data sejumlah pasar di Jembrana, harga beras medium di Pasar Umum Negara, Pasar Anyar Banjar Tengah, dan Pasar Yehembang, harga beras medium Rp 11.000/kg sedangkan harga eceran tertinggi (HET) beras Bulog medium Rp 9.450/kg, selisih Rp 1.550/kg.

Menurut Kepala Gudang Bulog Penyaringan Ilham Noviandanu di Gudang Bulog terdapat stok beras sebanyak 552 ton dan di prediksi cukup untuk lima bulan ke depan.

Bupati Artha, menghimbau agar masyarakat Jembrana tidak perlu cemas akan kekurangan beras, terlebih sejumlah sentra penghasil beras di Jembrana sudah mulai panen. Selain itu dari data yang disampaikan Bulog Jembrana, stok beras yang dimiliki juga masih mencukupi.

Namun Bupati Artha tetap melakukan langkah-langkah antisipasi mencegah kenaikan harga beras di sejumlah pasar. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar.

"Operasi pasar itu efektif untuk mencegah disparitas harga beras tinggi, asalkan sasaran yang dituju tepat , benar-benar kepada masyrakat langsung, bukan malah kembali dijual kepada pengepul," terang Artha, Jumat (26/1/2018).

Harapan lainnya, aparat (TNI, Polri, dan OPD terkait) terkait agar memantau stok beras gudang-gudang pemasok. Ini untuk mencegah adanya penimbunan beras oleh spekulan.

“Saya berharap aparat (TNI, Polri, dan OPD terkait) melakukan sidak agar gudang-gudang pemasok beras betul betul menyalurkan berasnya. Jangan sampai ada spekulan yang menahan berasnya hingga harga naik. Jangan sampai masyarakat kita kekurangan pasokan beras” imbuh Artha.

Turut mendampingi kunjungan Bupati artha saat itu Sekda Jembrana I made Sudiada, Asisten I Made Wisarjita, Asisten III I Nengah Ledang serta Kadis Koperindag I Made Gede Budhiarta. (gds)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi