Sejumlah Desa di Karangasem Alami Hujan Abu Vulkanik Gunung Agung

Senin, 15 Januari 2018 : 10.43
Gunung Agung kembali erupsi memuntahkan abu vulkanik/foto:ovmbg kesdm
KARANGASEM - Sejumlah desa di Kabupaten Karangasem Bali mengalami hujan abu vulkanik tipis menyusul kembali erupsinya Gunung Agung. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi KESDM, melaporkan hujan abu jatuh di beberapa desa seperti di Desa Kesimpar, Desa Datah Kecamatan Abang.

Meski demikian, aktivitas masyarakat tetap berjalan normal. Masyarakat melihat erupsi Gunung Agung juga tidak panik.

"Sosialisasi yang terus diberikan kepada masyarakat mengenai potensi dan antisipasi erupsi Gunung Agung menyebabkan tingkat kesiapsiagaan masyarakat meningkat," tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNP Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers diterima Kabarnusa.com, Senin (15/1/2018).

Dikatakan, pengalaman penanganan erupsi selama November 2017 lalu telah memberikan pemahaman yang lebih baik sehingga masyarakat lebih siap menghadapi erupsi.

Hujan abu vulkanik Gunung Agung landa sejumlah desa/foto: pvmbg kesdm
Hingga kini, jumlah pengungsi saat ini 47.268 jiwa yang berada di 229 titik pengungsian. BNPB dan unsur terkait terus memberikan pendampingan dan bantuan kepada Pemda dan masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Agung.

Masih ada beberapa permasalahan dalam penanganan pengungsi seperti aktivasi posko belum berjalan normal, distribusi logistik ke pos pengungsian belum lancar dan lainnya. Koordinasi terus dilakukan dengan berbagai pihak.

Masyarakat dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan menghadapi erupsi susulan. Pantauan PVMBG melaporkan aktivitas vulkanik Gunung Agung masih cukup tinggi.

Rekaman seismograf pada 14/1/2018 tercatat nihil Gempa Tektonik Lokal (TL), 7 kali Gempa Vulkanik Dalam (VA), 6 kali Gempa Vulkanik Dangkal (VB), Nihil Gempa Low-Frekuensi (LF), 24 kali Gempa Hembusan, dan Tremor menerus dengan amplitudo 1-5 mm (dominan 1 mm). (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi