Menteri Luhut Tegaskan Revitalisasi TPA Sarbagita Bisa Kembalikan Fungsi Tahura

Sabtu, 23 Desember 2017 : 06.55
Menko Bidang Maritim menghadiri Groundbreaking Revitalisasi TPA Regiobal Sarbagita Suwung Denpasar
DENPASAR - Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Panjaitan menegaskan proyek Revitalsiasi TPA Regional Sarbagita Suwung bukan semata menghadapi IMF- World Bank Annual Meeting saja namun lebih kepada meningkatkan kualitas derajat hidup masyarakat Bali.

Dia bersyukur, karena proyek yang tertunda sekian tahun, akhirnya bisa berjalan seperti saat ini.

"Dan inipun bukan jalan yang mudah. Kalau sekarang jadi ya saya bersyukur mudah-mudahan ini bisa bagus seperti yang direncanakan," katanya saat groundbreaking sebagai tanda dimulainya proyek Revitalisasi TPA Regional Sarbagita Suwung, Denpasar, Jumat (22/12/2017).

Proyek ini bukan semata-mata menghadapi IMF-World Bank Annual Meeting saja, namun lebih kepada meningkatkan kualitas derajat hidup masyarakat Bali.

Selain terbangunnya sanitary landfill dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), TPA juga akan dikembalikan sebagian fungsinya sebagai Taman Hutan Rakyat seluas 22,4 HA.

Diharapkan hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan sekaligus menyelamatkan kualitas air permukaan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekitar.

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengatakan, konsep pengelolaan sampah dimulai pada 1984, dan pada 2005 dilaksanakan konsep sampah menjadi tenaga listrik dengan sistem pengelolaan yang direncanakan mampu menghasilkan 0,9 MW listrik.

Luasan TPA Sarbagita Suwung mencapai 32,4 HA, dirancang melayani empat wilayah Kabupaten/Kota yaitu Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan, yang diharapkan mampu menampung 1000 ton sampah per hari.

Sampai saat ini, belum konsep sampah menjadi tenaga listrik belum dapat dioptimalkan, dan saat ini terlihat timbunan sampah yang menggunung dan kurang secara estetika.

Sebagai tuan rumah IMF- World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018 nanti, Bali sedang berbenah diri. Selain proyek underpass Simpang Bandara I Gusti Ngurah Rai, juga proyek Revitalisasi TPA Regional Sarbagita Suwung merupakan salah satu persiapan untuk mengamankan Bali.

Sampah rencananya akan ditangani dalam dua proyek, yakni sanitary landfill management dan waste to energy yang pengerjaan proyeknya dilakukan dengan cepat, dan menggunakan teknologi paling efektif dan efisien sehingga proyek ini diharapkan selesai pada pertengahan 2018.

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Gubernur BI, Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, Budaya Maritim, dan Dirjen Cipta Karya Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi