menu
search

Anggaran Dana Desa Dibagikan untuk Siswa Miskin Berprestasi di Buleleng

Selasa, 19 Desember 2017 : 07.59
BULELENG - Program bantuan untuk siswa miskin dan berprestasi Desa Cempaga Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng bersumberkan dari Anggaran Dana Desa (ADD).

Begitu besarnya dana desa yang di alokasikan oleh pemerintah pusat yang langsung di salurkan ke desa jelas akan bisa memberikan motivasi dan lebih mengembangkan serta ide-ide kreatif dari masing-masing para perbekel untuk memajukan desanya.

Anggaran Dana Desa selain digunakan pembangunan infrastruktur juga bisa di gunakan untuk mengembangan SDM, bantuan budes, olah raga dan sebagainya.

Seperti penggunaan Anggaran Dana Desa di Desa Cempaga Kecamatan Banjar, Buleleng/Bali. Di tahun anggaran 2017 untuk pembangunan infrastruktur jalan desa juga pengembangan usaha tani, program air bersih, program bantuan untuk Lansia melalui posyandu.

Selain itu dipakai untuk pelatihan gong PKK, kursus bahasa inggris bidang pariwisata dan perhotelan, serta bantuan untuk siswa tidak mampu( miskin) dan siswa berprestasi.

Pemerintahan Desa melalui Perbekel Putu Suarjaya yang menjabat 15 Desember 2015 itu, melakukan terbosan untuk membantu anak-anak tidak mampu baik melalui program desa yang di adakan setiap akhir tahun.

Lewat bantuan paket sekolah berupa Baju seragam, sepatu, ikat pinggang terhadap 60 siswa miskin di tahun 2016 serta 70 siswa SD dan SMP miskin di tahun 2017.

Penghargaan diberikan kepada siswa berprestari dari juara 1- 3 dari kelas 1 – 6 di 2 SD (SD 1 dan 2 cempaga) dan siswa berprestasi dalam kejuaraan pencak silat yang mewakili sekolah Sd 2 Cempaga berupa Pemberian alat-alat tulis.

Ditahun 2018 bahkan sudah dirancang dan dilanjutkan pula program bantuan ini agar nantinya masalah pendidikan bisa lebih di perhatikan ,sehingga bisa meningkatkan SDM yang handal.

Selain Beasiswa Desa Cempaga dibantu Bali Children Foundation dengan 50 siswa miskin yang mana donatur tersebut merupakan warga negara asing yang sudah di mulai dari tahu 2016.

Kursus Bahasa Inggris bagi anak SD dan SMP gratis oleh yayasan BCF. Untuk kursus perhotelan di berikan gratis oleh Desa Cempaga lewat dana desa untuk anak- anak yang sudah tamat atau masih kuliah.

Untuk tahun 2018 akan lebih banyak lagi pelatihan- pelatihan untuk peningkatan SDM seperti Kursus Komputer dan website, perhotelan, tata rias, menjahit, dan sebagainya.

Kepala Desa Cempaga Putu Suarjaya mengatakan melihat anggaran Dana Desa cukup begitu besar pihaknya mengelola secara transparan dan akuntabel.

Itu uang pemerintah dari rakyat untuk rakyat, demi masyarakat sejahtera dan meningkatkan SDMnya ya kita berikan pelatihan seperti kursus komputer, kursus Bahasa Inggris menjahit dan lain lain.

"Juga kita berikan kepada para siswa berprestasi serta siswa yang masuk kategori tidak mampu," papar Suarjaya, Senin (18/12/2017). Jika dahulu masyarakat setempat belum mengenal internet, sekarang sudah mengenal sehingga bisa mengembangkan desa dengan berbagai wira usaha. (gde)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua