Wagub Sudikerta Apresiasi Pameran Lukisan di Puri Anom

Senin, 02 Oktober 2017 : 05.29
Dua orang penikmat seni saat mengamati karya lukisan dan patung yang dipamerkan di Puri Anom Tabanan
TABANAN - Wakil Gubernur (Wagub) Bali I Ketut Sudikerta mengapresiasi dan mendukung diselenggarakannya Pameran Lukisn, Fine Art Exhibition (FAE) di Puri Anom, Tabanan, Bali.

"Pemerintah Provinis Bali memberikan apresiasi positif, mengharagai dan mendukung penglisir Puri Anom menggelar kegiatan ini yang memberikan ruang bagi para seniman untuk memamerkan karya seninya," ujar Wabup Sudikerta usai melakukan peninjauan karya para seniman yang dipamerkan di Puri Anom, Minggu (1/10/2017) malam.

Wabup Sudikerta berharap kegiatan ini inovasi dan kreasi penglisir Puri Anom dalam pelestarian karya seni lukis para maeestro seni Bali. Wabup berharap kegiatan ini bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, AA. Ngurah Panji Astika dari Puri Anom selaku penyelenggara mengungkapkan kegiatan FAE yang mengambil thema "Mewali ke Hening" ini mengungkapkan kegiatan FAE selain memamerkan karya seni lukis juga memamerkan karya seni patung dan karya seni instalasi.

Dalam kegiatan yang akan digelar hingga tanggal 15 Oktober 2017 yang terbuka untuk umum ini, para seniman diberikan keleluasaan menempatkan karya seninya dalam sejumlah ruang dan bangunan yang ada di tiga palemahan (wilayah) terdepan di Puri Anom,

"Kami menyiapkan wilayah di Ancak saji, Bale Kembar dan Tandekan yang dapat digunakan secara penuh untuk tempat memajang hasil seni para seniman," ujarnya.

Panji Astika berharap dengan adanya kegiatan ini, para seniman khususnya para seniman lukis bisa mendapatkan panggung yang ekslusif di Puri Anom yang selama ini dikenal sebagai salah satu heritage (warisan) budaya di Kabupaten Tabanan.

"Selama ini, para seniman lukis biasanya menggelar hasil karyanya di galery atau gedung, sekarang mereka bisa memamerkan karya seninya di rumah yang tua ini secara eklusif karena memiliki aura yang berbeda," paparnya.

Sejumlah pelukis yang memaerkan karya lukisnya di Puri Anom di antaranya adalah Made Gunawan, Ida Bagus Indra, I Nyoman Kariasa, Gusti Ngurah Gede Pemecutan, I Putu Sunartawan, Ketut "Boping" Suryadi.

"Ada sekitar 50 lukisan karya dari sekitar 36 seniman lukis dari seluruh Bali dan luar negeri yang dipamerkan di Puri Anom ini. Ada karya seni yang hanya dipamerkan saja, ada juga yang untuk dijual," pungkasnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi