Nusa Dua Fiesta, Angkat Kesenian Tradisional Hingga Gaya Hidup Modern

Senin, 09 Oktober 2017 : 23.50
Konferensi pers di BNDCC menjelang Nusa Dua Fiesta 2017
NUSA DUA - Kalender tahunan Nusa Dua Fiesta kembali digelar Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang mengangkat berbagai kesenian tradisional hingga seni dan gaya hidup modern yang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali.

Managing Director The Nusa Dua, Wayan Karioka menjelaskan, kegiatan digelar berbagai atraksi dan penampilan seni, budaya, musik dan gaya hidup selama lima hari mulai 11-15 Oktober 2017.

Kali ini, ajang tahunan itu mengusung tema bertajuk "The Colours of Nusa Dua" yang akan dipusatkan di Pulau Peninsula, Nusa Dua Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung.

Selaku perusahaan pengembangan pariwisata Indonesia, pihaknya tentu ingin menghadirkan beragam suguhan atraksi kesenian dan budaya untuk menghibur masyarakat hingga wisatawan mancanegara.

Berbeda dibanding tahun sebelumnya, para pengunjung yang akan masuk lokasi kegiatan dikenai tiket untuk bisa menikmati pameran produk kerajinan, peragaan busana, eksebisi dan kompetisi kuliner, Nusa Dua Coffee Week, wine and cheese testing, beach movie dan berbagai pertunjukan lainnya.

"Nanti juga dipentaskan tari tradisional Bali, DJ Performance dan penampilan musik lokal pertunjukan lain, seperti Balawan, Joni Agung, Gus Teja, Nidji, Andra & The Backbone, Rendy Pandugo dan Java Jive," sebut Karioka didampingi Ketua Panitia I NDF Anak Agung Ratna Dewi.

Ditegaskannya, ajang ini menjadi bukti dukungan dan apresiasi hotel dan tenan kepada pengunjung Nusa Dua. Pihaknya menargetkan jumlah pengunjung di ajang NDF sebanyak 30 ribu orang.

Yang pasti, ajang ini menjadi media promosi bersama ITDC dengan hotel, tenan, dan warga masyarakat sekitar Nusa Dua. Keterlibatan masyarakat setempat dalam mendukung mensukseskan ajang ini tentunya sangatlah besar seperti desa adat Nusa Dua dan sekitarnya.

Ditegaskan lagi, tujuan NDF tak lain ingin menunjukkan bukti eksistensi Nusa Dua, sebagai kawasan pariwisata terintegrasi yang di dukung lebih dari 5.000 kamar tidur dan sarana konferensi yang mampu menampung lebih dari 10.000 delegasi mulai ajang nasional hingga internasional.

Selain itu, Nusa Dua juga mampu menjadi tempat bagi berbagai bentuk kegiatan diluar (out door) skala besar, baik pameran, pertunjukan, olahraga maupun hiburan.

Sebagaimana arahan Menteri Pariwisata agar The Nusa Dua siap menjadi ujung tombak dalam kompetisi internasional untuk menyelenggarakan kegiatan MICE tingkat dunia, dengan layanan terbaik dalam segala hal.

Dijadwalkan pemnbukaam NDF nanti, Menteri Arief Yahya akan hadir membuka ajang yang juga akan disemarkkan berbagai kesenian dari daerah lain seperti Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan sama, Ketua Panitia I NDF Anak Agung Ratna Dewi menambahkan pembukaan NDF yang dijadwalkan dibuka oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya itu akan dimeriahkan parade budaya, Tari Sekar Jepun, dan Ngelawan Barong oleh Sabha Yowana serta Kecak Kolosal Tari Api (Fire Dabce).

"Hari terakhir (menjelang penutupan ) NDF dipersembahkan sebagai Hari Mandiri untuk memperingati HUT ke-19 Bank Mandiri sebagai sponsor utama kegiatan NDF 2017," katanya menambahkan.

Pada ajang ini pula, nantinya juga akan dihimpun penggalangan bantuan dan dukungan untuk para pengungsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem.

Meski NDF dibayangi peningkatan aktivitas GUnung Agung yang kini statusnya Awas atau level tiga namun pemerintah telah mengantisipasi dengan mitigasi penanganan dalam setiap status.

Kementerian Perhubungan juga telah nenyiapkan 10 bandara untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Agung sepertid di Jakarta, Makassar dan Surabaya.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menambahkan, berdasar surat edaran Dinas Pariwisata Bali bahwa status Gunung Agung tidak perlu dikhawatirkan karena semua kawasan wisata Bali jauh dari jangkauan dan dampak erupsi Gunung Agung.

"Kawasan Nusa Dua berjarak 60 km dari Gunung Agung sehingga aman untuk dikunjungi, jangan ragu dan takut datang berlibur ke Bali," imbuh Mansour. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi