Wow..Kabupaten Sekadau Ingin Cetak Satu Sarjana di Setiap Dusun

Minggu, 30 Juli 2017 : 10.48
ilustrasi/net
PONTIANAK - Pemerintah Kabupaten Sekadau menggulirkan program satu dusun satu sarjana menjadi bukti dan kuatnya komitmen dalam bidang pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat itu. Sejatinya, prgram satu dusun satu sarjana, merupakan program Pemerintah Kabupaten Sekadau Provinsi Kalbar yang telah berjalan selama tiga tahun.

Hal itu dilatarbelakangi dalam upaya mewujudkan negara maju dan berkualitas melalui generasi penerus dengan menganggarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mereka yang berkeinginan keras melanjutkan sekolah ketingkat perguruan negeri.

"Selama tiga tahun ini, Kabupaten Sekadau berhasil menyekolahkan 261 siswa dari 87 dusun yang ada di Sekadau," jelas Plt Sekda Kabupaten Sekadau Zulkarnain kepada Kabarnusa.com belum lama ini.

Demi meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Sekadau, dengan menggunakan APBD, Bupati Sekadau mengadakan program satu dusun satu sarjana. "Beberapa telah berhasil menjadi sarjana dokter dan saat ini sedang co Assistant di Universitas Tanjung Pura Pontianak," ungkapnya.

Sejauh ini, selama tiga tahun program berjalan, seluruh siswa yang ingin melanjutkan sekolah ke tingkat perguruan negeri diberi kebebasan dalam menentukan program studi yang akan mereka tempuh.

Tidak ada intervensi sejauh ini anak-anak diberi kebebasan akan melanjutkan kuliah jurusan apa. Apakah mau kedokteran, hukum, sipil atau apapun dipersilakan. Sedangkan untuk universitas Pemkab Sekadau telah bekerjasama dengan Untan dalam menjalankan program ini.

Terkait usai menyelesaikan kuliah mereka, diakui Zulkarnain pemerintah belum mampu menjanjikan pekerjaan bagi mereka yang telah menyelesaikan kuliahnya. "Sejauh ini kami baru memfasilitasi kuliah mereka hingga selesai, kalau pekerjaan kita masih belum bisa membantu," tutupnya. (dna)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi