Tim SAR Evakuasi Pendaki yang Sembahyang di Puncak Gunung Agung

Kamis, 04 Mei 2017 : 20.36
KARANGASEM - Tim SAR mengevakuasi seorang pendaki yang dilaporkan pingsan saat hendak bersembahyang di jalur antara Pura Pasar Agung dan kawah puncak Gunung Agung, Kamis (4/5/17).

Informasi, adanya warga yang tak sadarkan diri  diterima pukul 07.05 Wita dari Wulan petugas BPBD Karangasem. Dari keterangan pelapor diketahui, identitas korban atas nama I Gede Tanu (65) tinggal di Dusun Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang.

Kantor SAR Denpasar mengerahkan personil dari Pos SAR Karangasem untuk melakukan evakuasi. Sekitar pukul 08.39 Wita tim rescue tiba di Pura Pasar Agung dan langsung berkoordinasi bersama potensi SAR dari BPBD, ORARI, pemandu Gunung Agung, Koramil Selat, beserta masyarakat setempat.

Tim SAR gabungan memulai pendakian dengan membawa peralatan mountaineering serta tandu lipat. Hingga pukul 11.24 Wita. korban berhasil ditemukan, setelah menempun 2,5 jam pendakian.

"Korban ditemukan di ketinggian 2500 MDPL dalam keadaan sadar, namun mengalami luka di kepala dan lecet-lecet di bagian kaki," jelas Kepala Kantor SAR Denpasar Didi Hamzar dalam keterangan tertulisnya..

Dikarenakan korban sudah tidak mampu lagi berjalan, maka tim SAR menggotong tubuhnya dengan cara ditandu. Sementara itu tim 2 yang bertolak dari Posko Pura Pasar Agung sudah menunggu di Pura Telaga Mas pada ketinggian 1900 MDPL.

Pada pukul 13.10 Wita semua tim pun sudah bergabung di Pura Telaga Mas. Tim SAR gabungan berhasil sampai di parkiran Pasar Agung sekitar pukul 14.58 Wita. Selanjutnya Gede Tanu dirujuk ke Puskesmas Selat untuk mendapatkan penanganan medis. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi