Selatan Bali Diguncang Gempa, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

Senin, 01 Mei 2017 : 07.07
ilustrasi/net
DENPASAR - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah selatan Pulau Bali berkekuatan 4,7 Skala Richter  namun tidak berpotensi tsuami.

Mengacu analisis BMKG menunjukkan gempabumi terjadi pukul 21.33.50 WIB dengan kekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 9,73 LS dan 114,93 BT, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 129 km arah barat daya Klungkung-Bali pada kedalaman 29 Km.

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa wilayah Kuta dan Pulau Bali bagian selatan berpotensi mengalami guncangan dalam skala intensitas I SIG BMKG atau  II-III MMI.

"Namun, sampai laporan ini dibuat (22.00 WIB) belum ada laporan dirasakan dari masyarakat setempat," jelas Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar M. Taufik Gunawan, Minggu (30/4/17).

Adapun, diskripsi gempabumi dengan skala intensitas I SIG-BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan hanya oleh beberapa orang dan tidak menimbulkan kerusakan.

Gempa di selatan Bali ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia dengan mekanisme patahan turun (normal fault).

Hingga laporan disusun pada pukul 22.00 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Untuk itu kepada warga di pesisir selatan Bali dan Jawa Timurdihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," demikian Taufik. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi