Lantamal V Aktif dalam Latihan Operasi Pertahanan Pantai 2017

Rabu, 03 Mei 2017 : 07.47
Latihan Operasi Pertahanan Pantai (Opshantai) di Surabaya
SURABAYA - Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) terlibat aktif dalam Latihan Opersi Pertahanan Pantai (Opshantai) tahun 2017 di Surabaya Jawa Timur.

Acara dibuka Seketaris Dinas Operasi Latihan TNI Angkatan Laut (Sekdis Opslatal) Kolonel Laut (P) Maman Firmansyah mewakili Kadisopslatal Laksma TNI Didik Sutiyono, S.E, M.M. di Puslatkaprang ASTT,  Koarmatim, Ujung, Surabaya, Selasa (2/5/17).

Pembukaan latihan Opshantai 2017 tersebut diawali dengan laporan Wakawasdal Latops Hantai, Kolonel Laut (P) Retiono Kunto, S.E. (Dansatfib Koarmatim) dan dilanjutkan dengan pernyataan pembukaan secara resmi oleh Sekdis Opslatal.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, secara resmi pelaksanaan latihan Opshantai 2017, secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Maman.

Dalam amanat tertulis Kadisopslatal Laksma TNI Didik Sutiyono, menyatakan Latopshantai merupakan salat satu latihan yang sangat penting dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit, khususnya meningkatkan kemampuan menyelenggarakan operasi pertahanan pantai.

Operasi pertahan pantai merupakan operasi di bawah komando tugas gabungan opshantai yang terdiri dari TNI AL sebagai kekuatan inti dengan melibatkan komponen TNI AD dan TNI AU yang diselenggarakan dalam rangka menggagalkan operasi amphibi musuh pada daerah pantai tertentu diwilayah NKRI.

Sesuai Undang-Undang nomer 34 tahun 2004 tentang TNI, secara explisit disebutkan bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas pokok TNI ini dilaksanakan melalui OMP dan OMPS. Untuk menjamin keberhasilan ini diperlukan kesiapsiagaan semua unsur TNI melalui pembinaan operasi dan latihan. Kegiatan mengusung tema Koarmatim melaksanakan latihan operasi pertahanan pantai di wilayah timur Indonesia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut

Acara pembukaan dihadiri Para Paban Ops wilayah timur dan para peserta Latihan. Sedangkan perwakilan Lantamal V dipimpin Asisten Operasi Danlantamal V kolonel Laut (P) Aris Harijadi W, S. H., yang didampingi oleh Asisten logistik Danlantamal V, paban sops, Kadiskum, Kadispotmar, Kasatkom, Danyonmarhanlan V.

Selesai acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian materi Latops Hantai. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi