Wujudkan Anak Sehat, RMHC Bangun Rumah Singgah

Selasa, 02 September 2014 : 17.00
Marketing Communication Manager RMHC Rini T Wardani mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah berupaya membangun rumah singgah di Jakarta yang akan menampung anak-anak yang memerlukan pengobatan.
KabarNusa.com - Keberadaan rumah singgah untuk anak-anak di Indonesia memiliki arti penting yang diharapkan mampu mendorong peningkatan derajat kesehatan generasi muda mendatang.

Dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan itulah, yang kemudian melahirkan gagasan rumah singgah yang dirintis Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) di Indonesia.

Marketing Communication Manager RMHC Rini T Wardani mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah berupaya membangun rumah singgah di Jakarta yang akan menampung anak-anak yang memerlukan pengobatan.

Pihaknya bekerjasama dengan RS Fatmawati, untuk merealisasikan rumah singgah pertama itu yang diharapkan dapat beroperasi pada bulan November 2014. Dilengkapi 8 kamar dan beberapa ruang pengobatan, ruang tunggu dan fasilitas kesehatan lainnya.

"Biasanya yang datang ke rumah singgah adalah pasien rujukan dari luar kota dan nantinya setiap anak akan didampingi oleh penunggu dari keluarganya," jelas Rini di sela aksi RMHC Peduli Jawa-Bali di Outlet McDonald's Kebo Iwo Jalan Gatot Subroto, Denpasar, Selasa (2/9/2014).

Pendirian rumah singgah itu membutuhkan dana tidak sedikit. Pihaknya menggalang dana dari para donatur maupun dari konsumen produk ayam Mc Donald, di mana setiap pembelian ada sebagian yang disisihkan untuk membantu terwujudnya bangunan yang terdiri dari 8 kamar itu.

Untuk pembangunannya, dibutuhkan sekira Rp1,5 - Rp2 Miliar sehingga, pihaknya berharap masyarakat atau donator yang ingin menyumbangkan sebagian rejekinya untuk terwujudnya rumah singgah bagi nasib anak-anak masa depan bangsa.

Diharapkan, ke depan bisa berdiri rumah singgah lainnya di beberapa daerah di Tanah Air. Sebagaimana dilakukan di negara lain, biasanya, rumah sakit memberikan sebagian areal lahannya dipergunakan untuk rumah singgah.

Rini menambahkan, program RMHC Peduli Jawa-Bali, diisi dengan kegiatan imunisasi dasar bagi 310 anak di beberapa Sekolah Dasar yakni SD 7 Kediri, SD Dajan Peken, SD 1 Dauh Peken, SD 3 Peken.

Sehari sebelumnya, juga digelar kegiatan immunisasi campak diikuti 291 anak-anak SD di Kecamatan Mengwi, Badung. Semua kegiatan itu, merupakan rangkaian program RMHC Peduli Jawa Bali yang diawali dari Cirebon, Semarang, Yogyakarta, SOlo, Gresik, Sidoarjo sejak 13 Agustus sampai 2 September 2014.

Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Yayasan RMHC yang akan mengusahakan agar lebih banyak anak-anak Indonesia yang menerima manfaat atas kehadiran YRMHC, khususnya untuk bantuan pelaksanaan imunisasi. 

"Target Kami dapat memberikan imunisasi terhadap 4.000 anak-anak SD, kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung program ini yang bertepatan dengan bUlan imunisasi anak sekolah selama bulan Agustus," imbuh Ketua Yayasan RMHC Caroline Djajadiningrat.

Program ini sudah dua kali digelar sejak dua tahun terakhir, meliputi wilayah Jawa hingga Bali yang dilakukan melalui Ronald McDonald's Mobile Care. (rma)

Bagikan Artikel

Rekomendasi