Penyakit Tak Menular Dominasi Penyebab Kematian

Senin, 15 September 2014 : 05.46
Wamenkes Ali Gufron Mukti
KabarNusa.com - Penyakit Tidak Menular (PTM) masih mendominasi sebagai penyebab kematian tertinggi di Indonesia sehingga perlu menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat untuk pencegahan dan meminimalisir angka kematian akibat PTM.

Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti menyebut, dari tahun ke tahun cenderung terjadi kenaikan angka kematian akibat PTM. Penelitian terakhir tercatat 63 persen, kontribusi kematian di Tanah Air akibat PTM.

PTM itu misalnya penyakit jantug, diabetes hingga kanker yang masih menjadi momok masyarakat.

Makanya, Gufron mengajak untuk menekan angka kematian akibat PTM, dengan pola hidup sehat dan asupan gizi yang cukup

"Masyarakat harus mendapat gizi seimbang, pila makan dan tidur yang cukup," tuturnya dalam seminar PTN pencegahan dan penaggggulannya yang digelar Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayaa Denpasar baru-baru ini.

Masyarakat, juga diminta meningkatkan, kualitas sanitasi air yang baik dan penyediaan air bersih yang cukup.

Selain itu, agar melakukan pemeriksaan kesehatan yang rutin seperti untuk mengetahui, tekanan darah dan menjauhkan perilaku hidup yang tidak sehat seperti merokok.

"Ya hindari merokok atau minuman beralkohol, memang bagi sementara orang agak berat tetapi harus dimulai untuk mengurangi bahkan menghentikannya," tegas mantan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu. (kto)
Bagikan Artikel

Rekomendasi