Waspada, Gelombang Perairan Selatan Pulau Jawa Capai 6 Meter

Sabtu, 02 Desember 2017 : 07.59
pergerakan siklon tropis cempaka/net
JAKARTA - Adanya siklon tropis Dahlia di Samudera Hindia selatan Jawa Barat, memberikan dampak peningkatan gelombang hingga mencapai 6 meter di Perairan utara Jawa, Laut Jawa dan Perairan Selatan Jawa Barat hingga Yogyakarta.

"Kondisi juga berdampak pada peningkatan kecepatan angin hingga 46 km/jam dan tinggi gelombang di wilayah – wilayah tersebut," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Nelly Florida Riama dalam siaran persnya, Jumat (1/12/2017).

Kata dia, potensi gelombang tinggi diprakirakan akan terjadi hingga 2 hari ke depan, di beberapa wilayah. Diperkirakan, tinggi gelombang 2.5 - 4.0 meter terjadi di perairan selatan Banten dan Jawa Barat, Laut Jawa, perairan utara Jawa Barat, perairan utara Jawa Tengah, Perairan Kep. Bawean - Gresik.

"Tinggi gelombang 4.0 - 6.0 meter terjadi di perairan selatan Jawa Tengah, perairan selatan Yogyakarta, Samudera Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur," katanya menegaskan.

Untuk itu, dengan kondisi gelombang yang masih cukup tinggi di beberapa wilayah perairan tersebut, masyarakat nelayan dan kapal-kapal yang melintas dihimbau tetap waspada.

Masyarakat harus siaga terutama mereka yang berada di pesisir diharapkan sementara waktu menghindari aktifitas di sekitar pesisir pantai. "Masyarakat dihimbau untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG," demikian Nelly. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi