Korem Wirasatya Siagakan Personel Antisipasi Dampak Erupsi Gunung Agung

Jumat, 01 Desember 2017 : 06.24
Kapenrem Mayor Inf Putu Suartama
DENPASAR - Jajaran Komando Resort Militer (Korem) 163/Wirasatya hingga tingkat bawah disiagakan mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya erupsi Gunung Agung yang kini berstatus level IV (Awas).

"Jajaran Korem hingga ke tingkat bawah Bintara Pembina Desa (Babimsa) sudah siaga untuk menjaga dan membantu evaluasi warga masyarakat yang berada di zona kawasan rawan bencana (KRB),"

Kepala Penerangan Korem 163/Wirasatya Mayor Infantri I Putu Sukadana menegaskan, kesiapsiagaan jajarannya itu diantaranya siap membantu evakuasi warga terutama mereka yang berada di Kawasan Wawan Bencana atau KRB.

"Mulai jajaran Korem hingga Bintara Pembina Desa (Babinsa) siap membantu penanganan pengungsi," katanya di sela Simakrama dengan kalangan media di Denpasar, Kamis (30/11/2017).

Langkah antisipasi dilakukan Korem, yang dalam hal ini dari personil Komando Distrik Militer (Kodim) di seluruh Bali. "Dalam menghadapi bencana erupsi gunung kami siap siaga, mulai kesiapan personil, perlengkapan evakuasi penduduk dan pendukung lainnya," sambungnya.

Saat ini, personil Kodim yang ada di Kabupaten Karangasem sudah memasang beberapa unit tenda untuk warga pengungsi Gunung Agung. Demikian pula, personil sudah melakukan pengamanan dan dukungan komunikasi di posko-posko di Kabupaten Karangasem.

Kodim saat ini sudah menerjunkan 800 personil di posko-posko, termasuk di daerah wisata yang dianggap rawan bencana. Pengawasan dan antisipasi sudah dilakukan sejak status Gunung Agung dari siaga menjadi Awas.

"Prinsipnya, Korem hingga personil Komando Rayon Militer (Koramil), yang membawahi (Babinsa) siaga mengevakuasi warga masyarakat yang terdampak Gunung Agung," demikian Sukadana. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi