HIMPI Bali Diminta Berikan Solusi Atasi Dampak Erupsi Gunung Agung

Rabu, 06 Desember 2017 : 20.01
Wagub Ketut Sudikerta membuka Rakerda HIPMI Bali
DENPASAR - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta meminta kalangan pengusaha untuk mencari terobosan-terobosan yang bisa dijadikan solusi dalam mengatasi masalah dampak erupsi Gunung Agung yang memukul industri pariwisata di Pulau Dewata.

Hal itu disampaikan Sudiketa, saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bali di Hoteat l Harris Sunset Road, Badung, Rabu (6/12/2017).

Erupsi Gunung Agung perlu menjadi bahan pemikiran pengurus baru HIPMI Bali. Hal ini, tidaklah mudah, karena yang paling dipengaruhi kondisi penuh ketidakpastian ini adalah motor penggerak perekonomian Bali, yaitu sektor pariwisata.

“Kita ketahui bersama dengan menurunnya jumlah kunjungan wisata akan berdampak pada sektor-sektor lainnya terutama pada sektor primer dan sekunder,” ujar Sudikerta

Pihaknya berharap, kondisi ini tidak berlangsung lama, sekaligus berharap HIPMI Bali mencarikan solusi dan jalan keluar terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat Bali saat ini.

Karenanya, momentum Rakerda ini tepat bagi HIPMI Bali guna menentukan langkah-langkah ke depan mengatasi persoalan keterpurukan parwisata.

Dalam kesempatan itu, Ketua KADIN Bali AA Ngurah Alit Wiraputra menyarankan pengusaha di Bali agar melakukan diversifikasi usaha di luar pariwisata. Sektor eksportir dan agribisnis memiliki peluang yang besar untuk hidup dan berkembang terus di masa depan.

"Rakerda ini diharapkannya mampu dimanfaatkan HIPMI Bali untuk menyamakan visi dalam menghadapi tantangan dan persoalan di tahun 2018," tandasnya.

Sementara, Ketua Umum HIPMI Bali baru terpilih dr. I Gusti Nyoman Darmaputra menegaskan, ke depan organisasi yang dipimpinnya itu, memiliki visi untuk memberi manfaat untuk semua, baik untuk pemerintah, masyarakat, pengurus dan anggota.

"Kami akan meningkatkan jumlah wirausaha muda agar bisa berkiprah menjadi pengusaha besar bukan saja di daerah namun juga di nasional," tandasnya.

Selain itu, menyikapi kondisi perekonomian akhir akhir ini, pihaknya berniat mengembangkan industri kreatif yang menurutnya lebih tahan terhadap goncangan. Ketua UMUM BPP HIPMI Bahlil Lahadalia hadir melantik Pengurus HIPMI Bali periode 2017-2020. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi