Tanam dan Panen Hasil Pertanian, Petani Buleleng Manfaatkan Mesin

Selasa, 28 November 2017 : 22.08
BULELENG - Para petani sudah mulai memanfaatkan Penerapan Teknologi Pasca Panen Tanaman Pertanian. Praktek Pengamatan Susut Hasil Panen, Kering, Pipil Tanaman Kedelai.

Pengembangan Penerapan Tehnologi Pasca Panen Tanaman Pertanian di Subak Celuk Buluh, Desa Anturan, Kabupaten Buleleng, Selasa (28/11/2017).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng diwakili Kepala Bagian Tanaman Pangan Gede Suadnyana dalam sambutanya, menjelaskan cara bercocok tanam kedelai dan penggunaan mesin pembersih yang diperbantukan pemerintajh.

"Sehingga saat kedelai yang sudah kering dimasukan kedalam mesin, kulit dan biji kedelai akan terpisah sehingga mudah untuk dibersihkan dan prosesnya lebih cepat," kata Suadnyana.

Sementara, Danramil 1609-01/Singaraja mngimbau kepada masyarakat Subak Celuk Buluh supaya dengan adanya bantuan mesin pembersih kedelai ini maka pekerjaan akan lebih cepat, untuk itu di tahun 2018 agar mencari lahan yang lebih luas untuk menanam kedelai.

Pihak Desa Anturan berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan ini, sehingga sudah membantu warga dalam hal pengelolaan tanaman kedelai. Juga kepada Danramil dan Babinsa Kodim 1609/Buleleng yang sudah membantu sehingga pelaksanaan yang dilakukan dapat terlaksana dengan baik.

Dilanjutkan dengan cara membersihkan kedelai kering dengan menggunakan mesin pembersih sehingga saat kedelai keluar dari mesin, antara kulit dan biji sudah terpisah. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi