Saat Warga Awali Aktivitas, Gempa 4,8 SR Guncang Pulau Bali

Kamis, 09 November 2017 : 06.12
ilustrasi/net
DENPASAR - Menjelang aktivitas warga di pagi hari Pulau Bali diguncang gempabumi berkekuatan 4,8 Schala Richter (SR) yang berlangsung beberapa detik berpusat di Kabupaten Karangasem.

Berdasar data dirilis BNKG, gempabumi tektonik terjadi pukul 04.54.18 WIB, Kamis (9/11/2017). Berdasar analisis update BMKG menunjukkan, gempabumi berkekuatan M=4,8 terjadi dengan koordinat episenter pada 8,3 LS dan 115,55 BT.

"Lokasi tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km arah selatan Kubu, Karangasem, Bali pada kedalaman 10 km," jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Mochammd Riyadi dalam keterangan tertulisnya.

Dampak gempabumi digambarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan hasil laporan dari masyarakat menunjukkan guncangan dirasakan di daerah Denpasar, Karangasem, dan Mataram II SIG-BMKG (III MMI), dan Kuta III-SIG-BMKG (II-III MMI)

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. "Hal Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempabumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike slip fault)," jelas Riyadi.

Hingga pukul 05.21 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). "Kepada masyarakat di sekitar Kabupaten Karangasem dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," sambungnya.

Sejumlah warga di wilayah Badung, Gianyar, Denpasar juga merasakan adanya gempa cukup kuat yang menggetarkan dinding rumah mereka. "Kuat sekali, terasa goyang-goyang," ujar Widi seorang warga di Kecamatan Mengwi. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi