PMKRI Teladani Nasionalisme Mgr. Albertus Sorgijapranata SJ

Minggu, 12 November 2017 : 08.37
PMKRI Denpasar gelar nobar film Mgr Sorgijapranata
DENPASAR - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Denpasar Sanctus Paulus menggelar kegiatan nonton dan bedah film Mgr. Soegijapranata.

Kegiatan Nonton dan Bedah Film di Sekretariat PMKRI Cab. Denpasar Sanctus Paulus ini ini dilakukan dalam rangka memperingati momentum Hari Pahlawan (10 November).

"Mgr. Soegijapranata merupakan rohaniwan dengan jiwa nasionalisme yang sangat tinggi, yang juga mendapat predikat sebagai Pahlawan Nasional di Era Orde Lama," tutur Maximilianus Witu Leo, aktivis PMKRI Cabang Denpasar Sanctus Paulus, yang memoderatori kegiatan Bedah Film tersebut.

Puluhan mahasiwa mengapresiasi kegiatan ini karena memperkenalkan Pahlawan Nasional, Mgr. Soegijapranata yang jarang diimunculkan pada masa-masa sebelumnya.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Denpasar Sanctus Paulus menyampaikan bahwa Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ merupakan rohaniwan pencetus ide 100% Indoenesia 100% Katolik.

"Mgr. Albertus Soegijpranata, SJ memiliki banyak peran dalam membangun bangsa di masa kolonialisme maupun sesudahnya. Beliau mendamaikan perang lima hari di Semarang, mengirimkan surat kepada Vatikan untuk mengakui kedaulatan Indoensia, dan lainnya," jelas Efraim.

Soegijaprabata melalui Surat Keputusan Presiden RI No 152 Tahun 1963 tertanggal 26 Juli 1963 diberi penghargaan sebagai Pahlawan Nasional. Dia merupakan rohaniwan Katolik yang memiliki sikap yang sangat universal.

"Mari kita belajar dari sikap Mgr. Soegijapranata yang dalam tataran aplikasinya, menjunjung tinggi kemajemukan dan terus memberikan kontribusi untuk tanah air," tutup Efraim, sekaligus mengajak puluhan mahasiwa yang hadir. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi