Peringati Harkanas, Diskan Tabanan Gelar Lomba Menyanyi dan Menangkap Belut

Rabu, 22 November 2017 : 19.24
Suasana keceriaan dalam lomba menangkap belut memperingati Harkanas di lingkungan Diskan Tabanan
TABANAN - Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke 4 Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tabanan, Bali menggelar lomba gembira di lingkungan kantor Diskan setempat, Rabu (22/11/2017)

Lomba yang digelar khusus untuk karyawan Diskan Tabanan secara berkelompok tersebut di antaranya adalah lomba menyanyikan lagu Aku Suka Makan Ikan (ASMI) karya cipta Saleh Purwanto dan lomba menangkap belut serta memasukkannya ke botol.

Lomba tersebut diikuti oleh perwakilan kelompok penyuluh perikanan, UPT Perikanan Kecamatan, UPTD Balai Benih Ikan, Sekretariat, Bidang PP, PN dan PB yang ada di Diskan Tabanan

Selain menggelar lomba, Diskan Tabanan dalam rangka Harkanas yang mengusung thema "Makan Ikan, Sehat Kuat dan Cerdas Menuju Tabanan Serasi" ini juga melakukan restocking penebaran benih ikan nila di perairan umum sungai sehari sebelumnya, Selasa (21/11/2017)

Kepala Diskan Tabanan I made Subagia dalam sambutannya sebelum pelaksanaan lomba mengungkapkan, Harkanas ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 yang diperingati setiap tanggal 21 November.

"Peringatan Harkanas selain menjadi sebuah perayaan nasional, juga menjadi sebuah momentum bagi Bangsa dan Negara Indonesia untuk mengingat dan kembali melihat kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional," katanya.

Menurut Subagia, pada dasarnya peran ikan dalam mewujudkan ketahanan nasional sangatlah luas dan penting. Ikan dapat menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi di Indonesia. Ikan kaya akan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan.

"Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak omega 3, 6, 9 yang baik manfaatnya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan sumber protein yang lainnya," katanya bernada promosi.

Terkait lomba gembira yang digelar khusus di lingkungan Diskan Tabanan, menurut Subagia selain untuk mewujudkan kebersamaan, kerjasama, persatuan dan semangat gotong royong di antara pegawai, juga dimaksudkan agar para pegawai lebih mengenal dan mencintai ikan.

Baik sebagai komoditas pembangunan penggerak ekonomi maupun menu makan sehari-hari. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi