Mentan Arman Pastikan Tak Ada Defisit Beras Hingga Akhir Tahun

Rabu, 08 November 2017 : 05.46
Menteri Pertanian Andy Arman Sulaiman saat berada di Karanganyar Jawa Tengah
KARANGANYAR - Menteri Pertanian (Mentan) Andy Arman Sulaiman memastikan tidak ada defisit beras sehingga kebutuhan makanan pokok dalam negeri tahun ini aman.

Berdasarkan laporan, hingga bulan November 2017, sebanyak 1 juta hektar lahan, seluruhnya ditanami padi yang menghasilkan 7 juta ton.Dengan hasil panen padi tersebut, mampu mencukuppi kebutuhan beras sebanyak 2,6 juta ton beras.

"Sisa penen tersebut, akan masuk ke lumbung nasional yang dapat digunakan sewaktu-waktu," kata Mentan usai melakukan peninjauan hasil panen padi di Desa Waru, Kecamatan Kebakramat, Selasa (7/11/2017).

Karenanya, dengan realisasi hasil panen tersebut, Mentan memastikan tidak akan mengalami defisit beras. Yang menjadi faktor penentu, lanjutnya, adalah intensifikasi dan mekanisasi pertanian serta penyediaan infrastruktur irigasi.

Kata dia, pemerintah bersama petani diminta untuk menyiapkan kebutuhan bercocok tanam, paling tidak tiga bulan atau empat bulan sebelum masa tanam. Ia juga menekankan pada perlindungan bisnis petani, dimana pemerintah harus selalu hadir melalui regulasi.

Setelah pemantapan sektor produksi padi, langkah selanjutnya, pemerintah menargetkan swasembada hortikultura. Untuk sektor ini, pemerintah pada atahun 2017-2018, mengucurkan anggaran Rp 5,5 triliun.

"Yang menjadi prioritas adalah gula, bawang putih dan kedelai," tutup Arman. (tyo)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi