Konservasi Giant Panda Taman Safari Perkuat Kerja Sama RI dan Tiongkok

Rabu, 29 November 2017 : 16.30
Kunjungan Wakil Perdana Menteri RRT HE Madame Liu Yandong melihat sepasang giant panda di Taman Safari Bogor
BOGOR - Dalam rangka kerja sama konservasi Giant Panda Indonesia – Tiongkok Taman Safari Indonesia menerima kunjungan delegasi pemerintahan Republik Rakyat Tiongkok dipimpin Wakil Perdana Menteri (Vice Premier II) H.E. Madame Liu Yandong.

Sepasang Giant Panda tiba di Indonesia akhir bulan September lalu dan sukses menjalankan masa karantina yang sukses di Taman Safari Bogor. Kemudian, menjalani masa penyesuaian (trial opening) guna memastikan optimalnya adaptasi kedua satwa panda dan juga persiapan operasional.

Manajemen Taman Safari Indonesia menyatakan kesiapan dari Istana Panda Indonesia, exhibit Giant Panda, di Taman Safari Bogor, Cisarua.

Kunjungan pemerintah RRT pada, Minggu (26/11/2017), sekaligus mencakup peninjauan langsung untuk melihat kondisi prima sepasang Giant Panda, Cai Tao dan Hu Chun, dan merasakan pengalaman menjadi pengunjung di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Bogor.

Dalam kesempatan ini, penandatangan prasasti kunjungan resmi oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dilakukan H.E. Madame Liu Yandong. Direktur, Taman Safari Indonesia Jansen Manansang menyambut dengan gembira kunjungan juga peninjauan resmi dari pemerintahan RRT.

"Kami merasa terhormat karena dalam rangkaian kunjungan kenegaraan di Indonesia, H.E. Madame Liu Yandong, selaku Wakil Perdana Menteri (Vice Premier II) bersama beberapa delegasi Kementerian RRT secara khusus datang ke Taman Safari Bogor," ucap Jansen.

Kedatangan tamu negara asal RRT itu, guna melihat kondisi sepasang Giant Panda sebelum peresmian pembukaan Istana Panda Indonesia yang diwacanakan mendatang.

Pada kunjungan resmi pemerintahan RRT di Istana Panda ini, dilakukan penyerahan simbolis dokumen kerjasama konservasi Giant Panda diberikan kehormatan dari perwakilan State Forestry Administration (SFA) RRT langsung ke Ir. Wiratno, M.sc., Dirjen Biro KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dilanjutkan kepada Direktur Taman Safari Indonesia.

Jansen mengatakan, bagaimana kepercayaan breeding loan untuk konservasi Giant Panda yang diberikan Pemerintah RRT diharapkan menjadi salah satu awal dari berbagai kerjasama strategis antara Indonesia dan Tiongkok.

Penandatanganan kerja sama konservasi Giant Panda Indonesia-Tiongkok
Kata dia, kerja sama dalam rangka memajukan ilmu pengetahuan konservasi satwa di masa mendatang.

"Taman Safari Indonesia bangga bisa membuktikan kredibilitas kami sebagai Lembaga Konservasi di Indonesia yang ditunjuk oleh pemerintah RRT untuk menjaga kelestarian satwa penting dunia seperti Giant Panda," katanya.

Berbagai proses dalam memastikan adaptasi sepasang panda, dan juga operasional semua fasilitas, dari edukasi hingga rekreasi untuk pengunjung, telah dilaksanakan dan dengan ini Istana Panda Indonesia telah siap.

Hadir dalam peninjauan resmi delegasi pemerintah RRT di Taman Safari Bogor adalah perwakilan Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI selaku Kementerian pendamping dan fasilitator agenda Government-to-Government Indonesia dan Tiongkok yaitu Tb. A. Choesni, Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial.

Beberapa tamu undangan delegasi dari berbagai instansi kenegaraan yaitu Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, Kedutaan Besar Negara Malaysia turut menjadi bagian dalam acara prestisius bagi Taman Safari Indonesia ini. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi