Konser "The Rice of Java" di Prambanan, Tampilkan Kekayaan Tanah Jawa

Minggu, 05 November 2017 : 07.40
Dwi Dharmawan dan panitia konser The Rice of Java berikan keterangan pers
YOGYAKARTA - Sebuah konser orchestra yang akan menampilkan perjalanan sejarah kekayaan Tanah Jawa yang bertajuk konser The Rice of Java akan digelar Sendratari Ramayana Ballet, Candi Prambanan Minggu 5 November 2017 malam.

Konser yang digelar pemusik Jazz berdarah Sunda, Dwiki Dharmawan melibatkan sekira 60 pemusik dalam orkestra yang dipimpinnya dan puluhan model.

Sesuai tajuknya, The Rise Of Java akan menyajikan perjalanan sejarah kekayaan tanah Jawa yang disampaikan melalui musik dan fashion, dikemas dalam satu panggung terbuka. Dwiki memiliki tantangan tersendiri dalam memadukan musik dan busana dalam pagelaran ini.

Sebanyak 48 model turut meramaikan konser yang akan dalam memperagakan busana tradisi oleh empat desainer, Afif Syaku dan Philip Iswardono dari Yogyakarta, dan Didiet Maulana dan Lenny Agustin dari Jakarta.

Sederet penyanyi top bakal menghibur mayarakat Kota Gudeg dan sekitarnya seperti Andien, Rafly Kande, Sriti Respati dan Wizzy

"Kami ambil tanggal 5 November besok kebetulan bertepatan dengan Bulan Purnama," kata Primadi, Promotor Pagelaran The Rise Of Java dari PT Mediatama Binakreasi dalam keterangan resminya di Yogyakarta.

Terdapat empat babak dalam pertunjukan The Rise Of Java ini, mulai dari historis kain lurik sebelum adanya batik. Kemudian, kain batik ketika dipergunakan bangsawan tanah jawa kala itu.

Lalu, evolusi atau perpaduan batik yang dikenakan oleh Belanda dan Cina pada masa penjajahan, dan terakhir ditutup dengan koleksi busana kebaya yang terinspiraai dari kemegahan dan kekayaan budaya Indonesia.

Dalam konser yang digelar bertepatan malam bulan purnama itu, Dwiki membawa alat musik trasidional dengan mengkombinasikan peralatan musik modern sebagai penujang pegelaran ini. Beberapa lagu juga sudah disiapkan dalam pertunjukan akbar ini.

"Lagu Pasar Klewer tentu akan kita mainkan, nanti yang nyanyi Sruti. Kalau biasanya yang nyanyi orang asing, ini asli Sinden, jadi pasti bisa menyesuaikan dengan lebih baik," sambung suami Ita Purnamasari itu. (tyo)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi