Kejaksaan Tinggi Bali Tahan Empat Tersangka Korupsi Pengadaan Kapal Inkamina

Senin, 27 November 2017 : 22.18
DENPASAR - Empat tersangka dugaan korupsi pengadaan kapal Inkamina Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali ditahan tim penyidik Kejaksaan Tinggi Bali.

Jaksa penyidik Tindak Pidana Korupsi pada Kejaksaan Tinggi Bali berdasarkan Surat Perintah Penahanan Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Nomor: PRINT- 779, 781, 783, 784/P.1.5/Fd.1/11/2017, Senin (27/11/2017) melakukan penahanan terhadap 4 (orang) orang tersangka.

"Mereka ditahandalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi pada Kegiatan Pembangunan 7 (tujuh) Unit Kapal Inkamina 30 GT milik Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Bali TA. 2014 yang bersumber dari dana APBD dan APBN," tutur Kepala Seksi Penerangan Hukum yang juga Humas Kejati Bali Edwin Beslar dalam keterangan resminya.

Keempat tersangka tersebut masing-masing, Ir. I Gusti Ngurah Made Sumantri, selaku PPK pada Pembangunan 7 (tujuh) unit kapal, Mihadi Noer Syamsu Selaku PPK lanjutan pada Pembangunan 7 (tujuh) unit kapal, Bambang Andito Santoso selaku Konsultan Pengawas Lanjutan pada Pembangunan 7 (tujuh) unit kapal dan Ngadimin Selaku Ketua PPHP Lanjutan pada Pembangunan 7 (tujuh) unit kapal.

"Keempat tersangka ditahan selama 20 (dua puluh) hari kedepan dengan jenis penahanan Rutan di Rutan Klas II A Kerobokan Denpasar," sambungnya.

Mereka disangka melakukan perbuatan yang melanggar Pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 UU RI No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Dijelaskan Edwin, berdasarkan hasil penyidikan serta pemeriksan yang dilakukan terhadap para tersangka, penyidik berpendapat telah terpenuhi syarat-syarat penahanan yang diatur dalam KUHAP.

Perbuatan para tersangka diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun serta dikhawatirkan tersangka akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan/atau mengulangi tindak pidana.

Sebelumnya dalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi pada Kegiatan Pembangunan Kapal Inkamina 30 GT milik Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Bali TA. 2014 yang bersumber dana APBD dan APBN yang diduga merugikan Keuangan Negara kurang lebih Rp 10 Miliar ini, penyidik melakukan penahanan terhadap 3 (tiga) orang tersangka. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi