Hari Armada 2017, Ribuan Prajurit Susuri Kalimas Bersihkan Sampah

Jumat, 24 November 2017 : 14.53
SURABAYA - Pada peringatan hari Armada RI tahun 2017 ini, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) ditunjuk panitia pusat Hari Armada untuk menjadi motor penggerak Event tahunan Program Kalimat Bersih (Prokasih), Jumat (24/11/2017).

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, menghadiri upacara pembukaan Prokasih di dermaga kalimat samping Rumah Jabatan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur, Jalan Yos Sudarso Surabaya.

upacara terdiri dari satu peleton Koarmatim, satu peleton Kodiklatal, satu peleton AAL, satu peleton Pasmar 1, satu peleton Lantamal V, satu peleton gabungan Kodim,Lanud Surabaya dan Polrestabes Surabaya, satu peleton Saka Bahari.

Prokasih dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2017 pada 5 Desember dimotori Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) yang ditunjuk panitia pusat Hari Armada untuk membidangi bersih-bersih kali milik warga Surabaya ini.

Usai upacara, para pejabat teras TNI AL wilayah Surabaya, pejabat Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya menggunakan perahu karet melaksanakan peninjauan lokasi sepanjang Kalimas mulai dari Monumen Kapal Selam hingga muara di pelabuhan Tanjung perak.

Bersih-bersih Kalimas dalam rangka memperingati HUT Armada RI 2017 dan Hari Pahlawan kali ini, mengusung tema “Dengan semangat hari Pahlawan dan hari Armada 2017 TNI AL dan rakyat Surabaya bertekad menjadikan kota Surabaya Green & Clean”.

Pembersihan dan normalisasi Kalimas sejauh 6,5 Km dibersihkan dari sampah yang telah lama menggendap di dasar sungai oleh sedikitnya 5.500 prajurit TNI AL dan warga Kota Surabaya.

Sampah dari dalam sungai tersebut diangkut dengan menggunakan truk sampah sebanyak 25 unit, yang berasal dari Koarmatim, Lantamal V, BBWS Brantas, Jasa Tirta, DKP, Dinas PU dan Pasmar 1.

Ketua Panitia Prikasih 2017 yang juga Asisten Operasi Danlantamal V, Kolonel Laut (P) Aris Harjadi menjelaskan. Prokasih berlangsung cukup panjang, mulai 20 oktober hingga 4 Desember.

Program ini tidak hanya pemberauhan kali dari Sampah di lermukaan, namun lebih kepada normalisasi kalimas dengan pengerukan lumpur dan sedimentasi lainnya.

Panitia bekerjasama dengan BBWS Brantas, PU Binamarga, Pemkot Surabaya dan pihak terkait lainnya untuk bersma-sama menyiksakan Prokasih Kalimat ini.

"Ada empat unit Exavator dan tiga unit Ponton, 25 tuck, kendaraan roda 3 juga dilibatkan pada program kalimas bersih ini," terangnya.

Prokasih kali ini dibagi menjadi lima zona, tiap-tiap zona di bawah satu komando perwira berpangkat Kapten untuk memudahkan koordinasi dilapangan. Zona 1 dari Kediaman Panglima–Jembatan Undaan Kulon.

Zona 2 dari Jembatan Undaan Kulon – Jembatan Peneleh (Jl. Achmad Jais) akan melaksanakan Pemotongan rumput liar yang tumbuh di sungai.

Sejak dilaksanakan pengerukan sungai kalimas mulai dari tanggal 20 Oktober 2017 sampai dengan saat ini, diangkut hasil pengerukan sebanyak 829 rit yang semuanya di tampung di dermaga II Semampir Ujung Surabaya.

Selain Prokasih, TNI AL Wilayah Timur khususnya di Surabaya juga melaksanakan bersih-bersih komplek perumahan dinas 26 November dan 2 Desember 2017.

Ada 10 komplek perumahan antara lain Komplek Perumahan DBAL, Wonosari, Jala.Tanjung, Pulungan, Semolowaru, Lanudal, Gunungsari, Gedangan, Kenjeran, Kandangan dan Karang Pilang. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi