Gubernur Pastika Yakini Pendidikan Cegah Lahirnya Masyarakat Miskin

Selasa, 07 November 2017 : 06.22
Gubernur Bali Mangku Pastika (kanan) menerima cindera mata buku-buku dari Ketut Donder
DENPASAR - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika hanya lewat pendidikan yang bisa mencegah masyarakat atau orang menjadi miskin sehingga sektor itulah yang menjadi prioritas dalam pengentasan kemiskinan di Pulau Dewata.

Pastika menegaskan itu, saat menerima audensi I Ketut Donder, mendapat cendera mata berupa buku-buku karya Ketut Donder, Senin (6/11/2017). Lebih 30-an judul buku diberikan Donder dimaksudkan untuk melengkapi perpustakaan pribadi di kediaman Pastika.

“Satu-satunya cara yang paling tok cer untuk mengangkat supaya orang tidak miskin itu pertama pendidikan, lalu kesehatan,” kata Pastika.

Menurutnya, prinsip dasar mengurangi angka kemiskinan adalah dengan mengurangi pengeluarannya dan meningkatkan pendapatannya. Sekolah menjadi salah satu diantara pengeluaran yang cukup besar bagi masyarakat saat ini. Hal inilah yang melatari didirikannya SMA dan SMK Bali Mandara.

Kata dia, pendidikan bukan sekedar pengetahuan atau knowledge, namun harus memberikan knowledge dan life skill. Jadi, bukan hanya brain tetapi juga muscle memory, yaitu seperti disiplin, kebiasaan yang terbentuk, dan cara menerapkannya harus sekolah dengan asrama.

“Disana bisa dibentuk muscle memory-nya, dibentuk disiplinnya, dengan berlatih keras, sehingga akan melekat secara otomatis. Itulah base education, anak-anak dibuat sadar bahwa dengan (red: sistem pendidikan) itulah anak-anak bisa mengangkat martabatnya,” sambungnya

Karena alasan itulah SMA dan SMK Bali Mandara menerima siswa-siswi dari keluarga yang tidak mampu dan akan mengubah menjadi siswa-siswi yang berprestasi. Bagaimana Siswa miskin berestasi, jika tidak tercukupi, waktu belajar untuk bekerja, listrik tidak ada, tidak ikut les, sanitasi buruk dan seterusnya.

"Siswa-siswi SMA/SMK Bali Mandara itu 65 persennya borderline, saya salut dengan pak Darta dan guru-guru disana,” tegas Pastika. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi