Desa Wisata Jadikan Rumah Penduduk Pundi-pundi Pariwisata di Bali

Senin, 13 November 2017 : 23.02
TABANAN - Dengan konsep desa wisata maka nantinya rumah penduduk yang telah dikelola dengan baik akan bisa mendatangkan wisatawan sehingga sektor pariwisata bisa menggeliat.

Pengembangan desa wisata menjadi bahasan para tokoh dalam seminar desa wisata di Balai Banjar Bugbugan, Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga, Tabanan, Senin (13/11).

Ketiga tokoh itu yakni anggota DPR RI Gede Sumarjaya Linggih, Mangku Nyoman Kandia, dan budayawan Sugi Lanus.

Ketiganya berikan pemahaman untuk mengembangkan Banjar Bugbugan menjadi tempat kunjungan wisatawan dan tempat wisatawan menginap. Kegiatan ini terselenggara berkat corporate social responsibility (CSR) perusahaan.

Perbekel Desa Marga Dajan Puri Made Rasma mengucapkan terima kasih kepada Angkasa Pura II yang telah mensponsori seminar desa wisata di Desa Marga Dajan Puri.

Rasma menyampaikan terima kasih kepada Sumarjaya Linggih, Mangku Kandia, dan Sugi Lanus yang menyediakan waktu berbagi pengalaman tentang kepariwisataan dengan konsep desa.

Apalagi Sugi Lanus telah sukses mengembangkan sejumlah desa di Bali untuk menjadi tempat kunjungan wisatawan, salah satunya Desa Nyambu, Kecamatan Kediri.

Konsep desa wisata yang akan dikembangkan di kampungnya yakni menjadikan rumah penduduk sebagai tempat menginap turis. Apalagi rumah penduduk bisa menghasilkan uang dengan memenuhi standar wisatawan, salah satunya dengan kamar kecil yang bersih.

Otomatis adanya wisatawan menginap, warga mendapat keuntungan tidak hanya dari sewa kamar namun juga makanan laku untuk breakfast. "Wisatawan nantinya bisa berbaur dengan masyarakat dan belajar mengukir serta meninjau stand-stand tanaman hias," ungkap Rasma.

Sementara Sugi Lanus menyebutkan rumah-rumah penduduk bisa mendatangkan uang dengan sewakan kamar untuk wisatawan. Rumah penduduk tak mesti mewah, syarat mutlak adalah bersih dan toilet standar wisatawan.

Budayawan yang pemerhati lontar ini pun menunjukkan rumah-rumah penduduk di Jepang dan negara lain yang disewakan untuk wisatawan.

Masyarakat tampak antusias mendengarkan cerita Sugi Lanus dengan pengalamannya di beberapa daerah. Sumarjaya Linggih juga siap bantu kembangkan Marga Dajan Puri menjadi desa wisata. Salah satunya dengan mengangkat pesona dan budaya di Desa Marga Dajan Puri. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi